Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

BPKH-Baznas Serahkan Bantuan Ruang Kelas Baru Ponpes Al-Manna

Jumat 28 Jan 2022 07:11 WIB

Rep: rossi handayani/ Red: Hiru Muhammad

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui mitra kemaslahatan BPKH yaitu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), menyalurkan bantuan Program Kemaslahatan berupa pembangunan ruang kelas Pondok Pesantren Al-Manna, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara senilai Rp 751.275.000.

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui mitra kemaslahatan BPKH yaitu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), menyalurkan bantuan Program Kemaslahatan berupa pembangunan ruang kelas Pondok Pesantren Al-Manna, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara senilai Rp 751.275.000.

Foto: istimewa
Pembangunan ruang kelas baru ini diharapkan memenuhi sarana pendidikan yang baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui mitra kemaslahatan BPKH yaitu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), menyalurkan bantuan Program Kemaslahatan berupa pembangunan ruang kelas Pondok Pesantren Al-Manna, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara senilai Rp 751.275.000. 

Pembangunan ruang kelas baru ini diharapkan dapat memenuhi sarana pendidikan yang baik dan nyaman, serta membuat kegiatan belajar mengajar para santri Pondok Pesantren Al Manna menjadi lebih efektif dan berkualitas. Acara penyerahan dilaksanakan secara daring dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Baznas TV, Kamis (27/1/2022). 

Baca Juga

“Dengan adanya sinergi melalui Program Kemaslahatan BPKH ini, dalam bentuk pengadaan sarana pembangunan ruang kelas Ponpes Al Manna Kota Padang Sidempuan, semoga dapat mengefektifkan kegiatan belajar mengajar para santri. Terima kasih BPKH atas donasi dan sinergi yang terjalin," kata Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika. 

Noor menyampaikan terima kasih kepada BPKH atas penyaluran bantuan sebagai mitra maslahat. Dia menngatakan, donasi ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan para santri Pondok Pesantren Al Manna untuk kegiatan belajar mengajar dan syiar keagamaan.

Sementara itu, Anggota Badan Pelaksana BPKH, Dr. Rahmat Hidayat mengatakan, kerja sama bantuan dengan Baznas ini sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui bidang kemaslahatan sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 Tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji dan PBPKH No 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan salah satunya dalam bidang pembangunan sarana belajar dan ibadah. 

Dia melanjutkan, perlu diingat bahwa dana yang digunakan merupakan hasil pengelolaan DAU dan yang dipergunakan adalah nilai manfaatnya, bukan pokok DAU serta bukan pula berasal dari dana setoran awal pendaftaraan jemaah haji. 

"Sebagaimana mandat yang diberikan salah satu tujuan pengelolaan keuangan haji adalah untuk meningkatkan kemaslahatan umat. Salah satunya, dengan bantuan pembangunan ruang kelas dan pengadaan sarana untuk Ponpes Al Manna Kota Padang Sidempuan bekerja sama dengan Mitra Kemaslahatan Baznas,” kata Rahmat. 

Rahmat berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para santri, serta BPKH dan Baznas dapat terus meningkatkan kontribusi positif bagi kemaslahatan umat. 

Pimpinan Ponpes Al Manna, Khilman Dasopang mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan BPKH yang telah memberikan bantuan pembangunan ruang kelas baru dan pengadaan sarana Ponpes Al Manna Kota Padang Sidempuan. 

“Bantuan ini mampu mengoptimalkan fungsi pondok pesantren kami sebagai sarana ibadah, tempat untuk menuntut ilmu, bertukar pengalaman, serta pusat dakwah bagi umat Islam. Semoga bantuan ini mendapat berkah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala," katanya.

Program pembangunan ruang kelas baru dan pengadaan sarana untuk Ponpes Al-Manna Kota Padang Sidempuan ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman BPKH dan Baznas yang telah ditandangani sebelumnya.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA