Rabu 29 Dec 2021 11:32 WIB

STEI SEBI Luncurkan Inkubator Bisnis

SEBI Inkubator Bisnis  sebagai  upaya percepatan bagi calon-calon pebisnis STEI SEBI.

STEI SEBI mengadakan talkshow bisnis dalam rangka peluncuran SEBI Inkubator Bisnis, Sabtu (25/12).
Foto: Dok STEI SEBI
STEI SEBI mengadakan talkshow bisnis dalam rangka peluncuran SEBI Inkubator Bisnis, Sabtu (25/12).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --  Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) bersama dengan seluruh Civitas Akademika STEI SEBI Kota Depok, melaksanakan acara soft launching SEBI Inkubator Bisnis. Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian acara lainnya yang juga berhubungan dengan pembahasan terkait inkubator bisnis. SEBI Inkubator bisnis ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara STEI SEBI sebagai institusi pendidikan dengan para praktisi bisnis dari berbagai kalangan.

Acara yang diprakarsai oleh Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) bekerja sama dengan Hima SEC (Sebi Entrepreneur Community) ini dilaksanakan 2 hari secara daring, yaitu pada tanggal 25 dan 26  Desember 2021. Selain acara soft launching SEBI Inkubator Bisnis, di hari pertama juga dilaksanakan talkshow bisnis akhir tahun yang betemakan “Memperkuat peran Institusi Pendidikan dalam Mencetak Entrepreneur Muda”.

“Inkubator Bisnis ini akan menjadi pusat data, pusat pelatihan dan juga menjadi seri instrumen bagi para praktisi dan akademisi untuk mengembangkan bisnis yang semakin baik lagi dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Ketua STEI SEBI Sigit Pramono  PhD  CA CPA saat meresmikan SEBI Inkubator Bisnis.

Ia menambahkan, “Semoga Inkubator Bisnis ini menjadi suatu wahana bagi kita untuk mengembangkan prodi kita sekaligus talenta-talenta  kita untuk menjadi pebisnis yang tangguh di tengah-tengah persaingan global saat ini.”

Ketua Prodi MBS  Abdi Triyanto menyebutkan bahwa latar belakang dibentuknya SEBI Inkubator Bisnis sebagai   upaya percepatan bagi calon-calon pebisnis utamanya dari mahasiswa Prodi MBS agar lebih siap lagi dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankannya. 

Percepatan pengembangan bisnis bagi para mahasiswa STEI SEBI ini juga diharapkan mampu mendukung kemajuan UMKM dan sektor-sektor perekonomian lainnya di Indonesia. “Sinergitas antara akademisi dan juga praktisi bisnis ini merupakan hal yang sangat penting dan harus selalu dijaga,” kata Abdi Triyanto seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (28/12).

Narasumber talkshow kali ini adalah Ubaidillah yang merupakan ketua umum Jaringan Wirausaha (Jawara) Kota Depok. Narasumber lainnya adalah salah Co-Founder dan juga CEO ABA Goup Holding, Ferry Cahyadi Putra.  Moderator adalah Atiyah Fitri (dosen tetap STEI SEBI).

“Afiliasi antara institusi kampus dengan industri ini sangat penting untuk lebih didekatkan, yaitu dengan cara belajar di kelas dan mempraktikkan apa yang dipelajari di kelas,” ujar Ferry.

Ia menambahkan, bahwa pada setiap proses inkubasi bisnis, nantinya pasti akan membutuhkan jaringan permodalan untuk dapat mengaplikasikan ide bisnis yang telah terinkubasi tersebut.  “Sehingga,  nantinya perlu juga dibentuk suatu lembaga yang dapat menjadi penghubung antara pemodal dengan pemilik ide bisnis tersebut,” kata Ferry.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement