Selasa 14 Dec 2021 10:55 WIB

Sandiaga Imbau Masyarakat Tak Berlibur ke Luar Negeri Saat Nataru

Omicron patut diwaspadai karena masih baru dan belum banyak informasi tentangnya.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Sandiaga mengimbau masyarakat tidak berlibur ke luar negeri saat Nataru.
Foto: Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Sandiaga mengimbau masyarakat tidak berlibur ke luar negeri saat Nataru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengimbau masyarakat untuk tidak berlibur ke luar negeri selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sandiaga mengatakan, varian Covid-19 Omicron patut diwaspadai karena masih baru dan belum banyak informasi mengenai varian tersebut. Karenanya masyarakat juga harus berpartisipasi untuk mencegah masuknya varian tersebut.

Baca Juga

Kemenparekraf pun mencatat sejauh ini terdapat sekitar 3.000 orang per hari yang meninggalkan Tanah Air. "Ini sangat menimbulkan kekhawatiran, karena ini adalah suatu peluang dan potensi masuknya varian baru dan bisa memicu peningkatan kasus dan gelombang selanjutnya dari Covid-19 ini," kata Sandiaga dalam pernyataan resminya, Selasa (14/12).

Oleh karena itu, ia mengatakan, Presiden Joko Widodo juga telah menyampaikan mengarahkan agar masyarakat tidak berwisata ke luar negeri disaat momen Nataru akhir bulan ini. "Jadi sekali lagi arahan penting adalah untuk warga Indonesia yang ingin berkegiatan ke luar negeri tidak disarankan dan seruannya adalah untuk berwisata di Indonesia saja. Arahan itu jelas untuk mendukung kebangkitan ekonomi kita," ungkap Sandiaga.

Sementara itu, ia juga menegaskan agar seluruh pengelola di kawasan destinasi wisata dapat disiplin menerapkan aplikasi PeduliLindungi dalam kegiatan wisata, baik destinasi wisata mal dan restoran.

"TNI-Polri dilibatkan untuk mengawasi, agar penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi ini terintegrasi dalam kegiatan pariwisata dan diharapkan ada peningkatan dalam periode Nataru," kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement