Jumat 10 Dec 2021 13:51 WIB

Telkom Percepat Digitalisasi Sulut dengan Solusi Satu Data

Telkom menyediakan digitalisasi Satu Data melalui BigBox bagi Pemprov Sulut

Pada Kamis (9/12), Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid melakukan kunjungan kerja dan audiensi dengan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey terkait pemanfaatan solusi digital, diantaranya Satu Data Indonesia dan Pasar Digital (PaDi) UMKM di lingkup pemerintah provinsi dan kota/kabupaten.
Foto:

Selanjutnya untuk digitalisasi UMKM, Telkom memiliki PaDi UMKM yaitu ekosistem berbasis platform digital yang berfungsi untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan BUMN guna meningkatkan peluang untuk memperoleh transaksi dan pembiayaan dari BUMN. PaDi UMKM merupakan inisiatif Kementerian BUMN yang didukung oleh beberapa BUMN dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Kehadiran PaDi UMKM memberikan beragam keuntungan baik bagi UMKM, BUMN maupun pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN. Bagi UMKM kemudahan yang diperoleh antara lain akses pasar yang lebih luas hingga BUMN, e-commerce skala lokal dan global, pembiayaan/permodalan, dan insight bagi UMKM untuk peningkatan kualitas produk. 

Bagi BUMN, PaDi UMKM memudahkan melakukan perbelanjaan kebutuhan kantor dengan penjual yang terverifikasi dan monitoring procurement yang jelas. Sedangkan bagi pemerintah, adanya PaDi UMKM dapat menjadi dasar yang kuat untuk program peningkatan ekonomi rakyat, dengan memberikan data valid terkait profil UMKM dan pemetaan usaha rakyat. Kementerian BUMN terutama dapat memonitor kontribusi belanja BUMN terhadap UMKM seluruh Indonesia.

 

“Dengan solusi Satu Data dan PaDi UMKM, dapat semakin mempercepat geliat ekonomi masyarakat dan daerah Sulawesi Utara. Kami meyakini bahwa dengan digitalisasi ini diharapkan dapat menjadikan tak hanya provinsi Sulawesi Utara tapi juga seluruh Indonesia lebih baik lagi dengan ekonomi digital nasional terkuat di Asia Tenggara,” ungkap Fajrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement