Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Puing Antariksa, Kecil Tapi Bikin Kacau Misi Luar Angkasa

Rabu 01 Dec 2021 10:41 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Sampah antariksa di sekitar bumi/ilustrasi

Sampah antariksa di sekitar bumi/ilustrasi

Foto: afp
Puing antariksa membuat misi spacewalk tertunda, dan bisa membahayakan komunikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perjalanan antariksa yang dijadwalkan oleh astronaut Badan Antariksa Amerika (NASA) ditunda. Lembaga tersebut menerima peringatan puing-puing untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dalam sebuah pernyataan, NASA menulis bahwa pemberitahuan puing-puing itu diterima pada Senin (29/11) malam. “Karena kurangnya kesempatan untuk menilai dengan tepat risiko yang dapat ditimbulkannya pada para astronaut, tim telah memutuskan untuk menunda perjalanan luar angkasa yang direncanakan pada Selasa, 30 November hingga informasi lebih lanjut tersedia,” katanya di blog ISS, dilansir dari Fox News, Rabu (1/12).

Baca Juga

Spacewalk sedianya dijadwalkan akan dimulai pada pukul 07.10 ET. Astronaut NASA Thomas Marshburn dan Kayla Barron akan mengganti sistem antena S-band Antenna Subassembly (SASA) dengan cadangan yang sudah tersedia di struktur rangka stasiun.

Badan tersebut mencatat bahwa antena baru-baru ini kehilangan kemampuannya untuk mengirim sinyal ke Bumi melalui Tracking and Data Relay Satellite System milik NASA.

“Meskipun degradasinya memiliki dampak terbatas pada operasi stasiun, manajer misi memutuskan untuk memasang antena baru untuk memastikan redundansi komunikasi. Stasiun ruang angkasa memiliki sistem S-band tingkat rendah tambahan, serta sistem komunikasi KU-band tingkat tinggi yang menyiarkan video,” tulis NASA pada Senin (29/11).

Spacewalk enam setengah jam akan menjadi spacewalk ke-245 untuk mendukung perakitan stasiun luar angkasa. Selain itu, spacewalk yang akan datang akan menjadi spacewalk kelima untuk Marshburn, spacewalk pertama untuk Barron, dan spacewalk ke-13 di stasiun luar angkasa tahun ini.

Para astronot tiba untuk misi sains enam bulan di ISS pada 11 November dengan misi SpaceX Crew-3 NASA di atas Crew Dragon Endurance.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA