Kamis 28 Oct 2021 19:54 WIB

SD Bosowa Bina Insani Gelar Bulan Bahasa dan Sastra 2021 

Kegiatannya berupa pelatihan menulis cerpen dan  puisi, serta  talkshow.

SD Bosowa Bina Insani menggelar kegiatan  Bulan Berbahasa dan Bersastra 2021, Kamis (28/10).
Foto: Dok Bosowa School
SD Bosowa Bina Insani menggelar kegiatan Bulan Berbahasa dan Bersastra 2021, Kamis (28/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Sastra, SD Bosowa Bina Insani Bogor  menggelar beragam kegiatan. Adapun kegiatannya berupa pelatihan menulis cerpen dan  puisi, serta  talkshow. Rangkaian kegiatan tersebut  diselenggarakan pada Kamis, 28 Oktober 2021 di mana bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. 

Pelatihan menulis cerita dan puisi diisi oleh empat narasumber, yakni  Fahmi Awaludin  MPd, Dra  Sri Miarti, Bagus Wirandi SPd dan Nur Fitri Hardianti  SPd. Mereka merupakan guru SD Bosowa Bina Insani Bogor yang telah menulis buku antologi Sejuta Asa Pendidikan Kita dan Breakout Rooms (Sebuah Antologi Ruang-ruang Hati). 

Perayaan  Bulan Bahasa ini dihadiri oleh seluruh siswa mulai dari kelas satu sampai lima SD. Seluruh rangkaian kegiatan diselenggarakan secara virtual (online) mulai dari 07.30 sampai 10.00 WIB. 

Demi memeriahkan acara Bulan Bahasa dan Sastra,  seluruh background virtual menggunakaan virtual Bulan Bahasa dan Sastra, menyebarkan flyer yang telah dibuat juga memasukkan foto di platform daring dengan cara yang asik dan menarik (twibbonize). 

Principal SD Bosowa Bina Insani Dra  Eka Rafikah memberikan harapan dan pesan pada penyelenggaraan kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra kali ini. “Bulan Bahasa merupakan bulan di  mana setiap orang dapat mengekspresikan bakatnya terutama dalam bidang sastra,  yang bertujuan untuk lebih mencintai budaya sendiri yaitu budaya Indonesia. Bulan Bahasa mengandung makna negeri ini memiliki kepedulian terhadap budaya bangsa, khususnya bahasa,” kata Eka Rafidah seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Tidak hanya itu, Eka menambahkan,  harapan seluruh siswa SD Bosowa Bina Insani mengetahui dan mengerti tentang budaya bangsa Indonesia. “Selalu melestarikan budaya bangsa terutama dalam penerapan berbahasa dengan baik dan benar,” ujarnya.

photo
Rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra SD Bosowa Bina Insani terdiri dari pelatihan menulis cerpen dan puisi, serta talkshow.  (Foto: Dok Bosowa School)

Lira Betari Oktavia  SPd Gr selaku penanggung jawab program Bulan Bahasa dan Sastra menyampaikan, “Agar para siswa  tahu bahwa Bulan Bahasa itu terlahir karena kita memaknai Sumpah Pemuda dimana Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan.”

Selain itu, ia mengajak para siswa untuk bangga dan mencintai Bangsa Indonesia dengan mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

Rangkaian acara Bulan Bahasa dan Sastra SD Bosowa Bina Insani juga  diisi talkshow karya tulis dengan pemateri  guru-guru SD Bosowa Bina Insani yang sudah berkarya membuat buku antologi dan pembimbingan pembuatan karya tulis berdasarkan levelnya.  “Dengan demikian, diharapkan para siswa  lebih termotivasi menuangkan ide menulisnya dan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar,” tambah Lira. 

Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra itu  memberi kesan dan harapan tersendiri bagi siswi SD Bosowa Bina Insani, Sigma Aika Nisrina. "Kesan saya setelah mengikuti kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra hari ini sangat menyenangkan, banyak ilmu yang bisa didapat, saya juga lebih tahu tentang sejarah sumpah pemuda, bagaimana cara menulis yang benar dan apa manfaat menulis.  Pesannya adalah semoga kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra ini bisa dilaksanakan kembali tahun depan, dengan lebih menarik lagi," tutur siswi kelas 5A ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement