Rabu 27 Oct 2021 11:37 WIB

Hasto Ajak Mahasiswa Gelorakan Energi Hadapi Tantangan Zaman

Mahasiswa dan pemuda diharapkan punya imajinasi, ide, dan semangat juang.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto
Foto: istimewa
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa dan pemuda diharapkan punya imajinasi, ide, semangat juang sebagai bangsa dan memiliki kebanggan dan keyakinan Indonesia bangsa besar dengan rekam jejak sejarah yang luar biasa yang menggambarkan kepemimpinan Indonesia bagi dunia. Dengan karakter dan mentalitas itu, Indonesia akan bisa melalui tantangan zaman. Termasuk menghadapi ujian pandemi Covid-19. 

Demikian Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat menjadi pembicara kunci dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda ke-93 dengan tema "Nilai-nilai Kebangsaan dalam Bingkai NKRI di Era Disrupsi dan Masa Pandemi Covid-19" di Universitas Pattimura, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/10). 

Baca Juga

Hasto menyampaikan materi secara virtual selama hampir dua jam. Dia mengatakan saat ini dengan pandemi Covid-19 terjadi perubahan peradaban yang sangat drastis, terjadi perubahan sistem sosial, pola komunikasi, dan perubahan peradaban yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang luar biasa. 

Hasto mengutip pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat orasi ilmiahnya di Universitas Pertahanan ketika menerima gelar profesor kehormatan, yang menyebut ada tiga perubahan besar yang mendisrupsi kehidupan manusia 

"Saat itu Ibu Megawati mengatakan bahwa disrupsi dapat diatasi dengan kepemimpinan strategik yang melekat dengan ideologi bangsa, yaitu Pancasila. Pancasila menjadi dasar dan tujuan dalam menghadapi turbulensi peradaban," papar Hasto. 

Hasto mengatakan Indonesia akan bisa mengatasi ujian Covid-19 selama kita punya spirit dan mentalitas juang. "Pancasila menjadi fundamen kita dalam menghadapi disrupsi," ucap Hasto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement