Wednesday, 14 Rabiul Awwal 1443 / 20 October 2021

Wednesday, 14 Rabiul Awwal 1443 / 20 October 2021

Dosen UBSI Bantu Komunitas Bogor Mengabdi Mengolah Angka

Senin 27 Sep 2021 11:11 WIB

Red: Gita Amanda

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor membantu Komunitas Bogor Mengabdi mengolah angka dengan Ms Excel.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor membantu Komunitas Bogor Mengabdi mengolah angka dengan Ms Excel.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Program excel sangat dibutuhkan di lapangan sebagai wadah dalam pengolahan angka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi agenda rutin dalam tiap semester bagi dosen, untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Seperti  yang dilakukan oleh dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor. Kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui Zoom meeting ini mengangkat tema ‘Pengolahan Angka pada MS. Excel’, pada Sabtu (18/9) silam.

Enok Tuti Alawiah selaku ketua pelaksana menjelaskan, kegiatan ini beranggotakan Dicky Hariyanto, Helina Apriyani, dan Rahmat Tri Yunandar yang bertindak sebagai tutor serta dibantu oleh beberapa mahasiswa. Menurut Enok, peserta pengabdian kali ini merupakan komunitas pemuda-pemudi Bogor yang berada di Kota maupun Kabupaten Bogor. Peserta pengabdian yang biasa disebut komunitas Bogor Mengabdi ini, memiliki fokus terhadap empat bidang, diantaranya adalah Bidang Sosial, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Budaya dan Alam.

Sementara itu, Enok menjelaskan pemilihan tema pelatihan tersebut dipilih dengan melihat kebutuhan dari peserta yang  cenderung lebih dominan dalam mengelolah angka.  “Program excel sangat dibutuhkan di lapangan sebagai wadah dalam pengolahan angka sehingga kedepan dapat membantu peserta  untuk  mengelola data-data dengan program excel,” imbuhnya.  

Hal serupa juga ditegaskan oleh  Tri Apriansyah, selaku kordinator umum Bogor Mengabdi, yang mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini.  Ia dan peserta lain merasa sangat terbantu mengikuti pelatihan ini. Selain berguna untuk memperkaya ilmu dan wawasan juga menambah pengalaman.   

“Dengan pelatihan ini, saya berterimakasih kepada dosen Universitas BSI yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan berbagi keterampilan bagi kami semua yang tergabung dalam komunitas Bogor Mengabdi ,” kata Tri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA