Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Mozaik Sejarah dalam Alquran

Senin 20 Sep 2021 05:05 WIB

Red: Ani Nursalikah

Mozaik Sejarah dalam Alquran

Mozaik Sejarah dalam Alquran

Foto: Dok Republika
Permusuhan akan terus berlangsung di antara anak cucu Adam di muka bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Muhammad Chirzin

Sejarah ialah pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau. Termasuk dalam lingkup sejarah tersebut ialah fenomena alam sebelum kedatangan manusia di muka bumi dan permulaan penciptaan manusia di dunia yang terbentang luas ini. Allah swt berfirman dalam Alquran,

Baca Juga

﴿ هَلْ اَتٰى عَلَى الْاِنْسَانِ حِيْنٌ مِّنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْـًٔا مَّذْكُوْرًا ١ اِنَّا خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنْ نُّطْفَةٍ اَمْشَاجٍۖ نَّبْتَلِيْهِ فَجَعَلْنٰهُ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا ٢ اِنَّا هَدَيْنٰهُ السَّبِيْلَ اِمَّا شَاكِرًا وَّاِمَّا كَفُوْرًا ٣ ﴾

Bukankah sudah berlalu pada manusia masa yang panjang dari waktu ketika dia bukan apa-apa, bahkan tidak disebut-sebut? Sungguh, Kami ciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur untuk mengujinya (dengan perintah dan larangan),lalu Kami beri dia pendengaran dan penglihatan. Kami tunjukkan kepadanya jalan; ada yang bersyukur dan ada yang ingkar. (QS 76:1-3)

Dalam ayat yang lain Allah swt berfirman dalam Alquran,

﴿ هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ ١٥ ﴾

Dialah yang menjadikan bumi dapat dikelola untuk kamu, maka jelajahilah di segala penjurunya dan nikmatilah rezeki yang Dia sediakan, dan kepada-Nya kamu dibangkitkan. (QS 67:15)

Kehadiran manusia di muka bumi adalah dengan misi menjadi khalifah yang akan memakmurkan bumi dan seisinya. Amanat khilafat tersebut kelak dipertanggungjawabkan di hadapan Allah swt dalam pengadilan pada hari kiamat. Sejarah manusia di muka bumi bermula dari rencana Tuhan yang diinformasikan kepada para malaikat dan direalisasikan dengan segera.

﴿ وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اِنِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ ٣٠ ﴾

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan sosok yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS 2:30)

Allah swt mengajarkan nama-nama semua makhluk; langit, bumi, gunung, pohon-pohon dan sebagainya. Rupanya Adam dan Hawa tergoda rayuan dan tipu daya setan Iblis. Mereka pun harus turun ke bumi.

﴿ قَالَ اهْبِطُوْا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۚوَلَكُمْ فِى الْاَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَّمَتَاعٌ اِلٰى حِيْنٍ ٢٤ ﴾

(Allah) berfirman, “Turunlah kamu! Kamu akan saling bermusuhan satu sama lain. Bumi adalah tempat kediaman dan kesenanganmu sampai waktu yang telah ditentukan.” (QS 7:24)

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA