Senin 06 Sep 2021 11:46 WIB

Telkom Siapkan Infrastruktur Kelas Dunia Bagi PON XX Papua

Uji jaringan telekomunikasi PON XX Papua dilakukan Telkom pada 3 bulan terakhir

Sekretaris Umum PB PON XX Papua Elia Loupatty (Baris kedua, tengah) bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (Baris kedua kanan), Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (baris, kiri) serta Tim Satgas TelkomGroup Dukungan PON XX Papua saat Apel Kesiapan Kerja di Jayapura, Rabu (1/9).
Foto:

Ketua Harian PB-PON Yunus Wonda menyampaikan apresiasi atas dukungan infastruktur Telkom pada penyelenggaraan PON XX Papua 2021. “Selain infrastruktur yang disiapkan berstandar internasional, seluruh venue pun kami siapkan dengan standar internasional. Hal ini membuktikan bahwa di ufuk timur Indonesia pun, Papua bisa. Di dalam kekurangan dan keterbatasan kami di Papua, ketika negara memberikan kepercayaan untuk event PON, kami seluruh masyarakat Papua siap mendukung menyukseskan PON XX Papua 2021. Terima kasih kepada Telkom yang telah menyiapkan infrastruktur luar bisa untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua 2021.”

Agar pengamanan jaringan komunikasi selama PON XX Papua 2021 berlangsung efektif, Telkom telah membentuk sebuah Gugus Tugas yang beranggotakan lebih dari 900 orang yang terdiri dari teknisi khusus, di samping dukungan teknisi maupun expert reguler yang ada di Papua dan area lainnya di Indonesia. Ratusan personel itu bertugas setiap hari di 49 venue dari empat kabupaten/kota lokasi penyelenggaraan yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Selain

memastikan keamanan dan kesiapan jaringan di empat kabupaten/kota penyelenggara PON XX Papua 2021, Gugus Tugas Telkom juga bertugas melakukan mitigasi risiko pada Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang di dalamnya terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, serta kabel bawah laut.

Monitoring sistem dan jaringan telah dilakukan perusahaan secara hybrid, dengan mengandalkan tenaga manusia dan robot yang memanfaatkan teknologi RPA (Robotic Process Automation) dan machine learning. Metode smart monitoring diterapkan untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan, dan memastikan seluruh sistem bisa berjalan secara baik sesuai fungsinya.

Selain menyiapkan infrastruktur jaringan komunikasi, Telkom juga menyediakan access point internet nirkabel (WiFi) untuk mendukung kelancaran konektivitas internet selama PON XX Papua 2021 berlangsung. Telkom telah menyiapkan 891 titik WiFi yang tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021, ruang publik, dan bisa diakses masyarakat secara gratis. Ratusan titik WiFi yang disediakan Telkom memiliki kapasitas bandwidth lebih dari 100 Gbps.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement