Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Zubair bin Al Awam, Murid Setia Rasulullah SAW Sang Pejuang

Jumat 27 Aug 2021 20:48 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Zubari bin Al Awam dikenal sebagai murid setia Rasulullah SAW. Ilustrasi Sahabat Nabi

Zubari bin Al Awam dikenal sebagai murid setia Rasulullah SAW. Ilustrasi Sahabat Nabi

Foto: MgIt03
Zubari bin Al Awam dikenal sebagai murid setia Rasulullah SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Boleh jadi pengikut setia Nabi Muhammad SAW yang paling populer di kalangan umat Islam adalah Abu Hurairah RA yang kerap berada di sisi beliau kapanpun di manapun.

Satu lagi sahabat Nabi SAW yang setia yakni Zubair bin Awam juga patut untuk dikenali lebih jauh.

Baca Juga

Dilansir di Elbalad News, Jumat (27/8), laman resmi Universitas Al-Azhar menerbitkan biografi singkat sahabat besar Nabi yakni Zubair bin Awam. Disebutkan bahwa Zubair bin Awam adalah murid Rasulullah SAW yang sekaligus sepupu dari Shafiya binti Abdul Muthalib.

Zubair bin Awam lahir pada 28 sebelum Hijriyah, dan dia masuk Islam di Makkah. Dia memeluk Islam di saat usianya baru lima belas tahun. Atas keputusan itulah, Zubair bin Awam termasuk ke dalam deretan sahabat-sahabat Nabi yang pernah mendapatkan siksaan akibat memeluk agama Allah SWT.

Hijrah

Zubair bin Awam merupakan salah satu sahabat yang berhijrah Abisinia, dan kemudian dia berhijrah ke Madinah bersama istrinya Asma binti Abi Bakar. Bersama Asma binti Abu Bakar, Zubair mendapatkan keturunan yang lahir di Madinah bernama Abdullah bin Zubair.

Adapun jasa-jasa Zubair bin Awam terhadap Islam dan dakwah Nabi Muhammad SAW cukup besar. Dia adalah orang pertama yang menghunus pedang atas otoritas Urwah dan Ibnu Al Musayyab, mereka berkata, “Orang pertama yang menghunus pedangnya kepada Allah adalah Zubair.” Zubair merupakan murid Rasulullah SAW dan bahkan dia dijadikan Nabi sebagai lawan bicaranya (dalam hal belajar-mengajar).  

 

Sumber: elbalad 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA