Jumat 27 Aug 2021 15:15 WIB

7 Sunnah yang Dianjurkan Pelaksanaannya pada Jumat

Terdapat sunnah yang secara khusus dianjurkan pada Jumat

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sunnah yang secara khusus dianjurkan pada Jumat. llustrasi sholat Jumat di Masjid Istiqlal
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Terdapat sunnah yang secara khusus dianjurkan pada Jumat. llustrasi sholat Jumat di Masjid Istiqlal

REPUBLIKA.CO.ID,  — Ada tujuh ibadah sunnah yang  dapat dilakukan oleh seorang Muslim pada setiap Jumat. 

Ini juga jelaskan Lembaga Fatwa Mesir dalam jejaring sosial resminya sebagaimana dilansir Elbalad. Apa saja?

Baca Juga

1. Mandi dan memakai wewangian serta membersihkan gigi dengan siwak. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad ﷺ: 

الغُسلُ يومَ الجُمُعةِ واجبٌ على كلِّ محتلمٍ، وأن يَستنَّ، وأنْ يمسَّ طِيبًا إنْ وَجَد “Mandi pada Jumat merupakan kewajiban bagi orang yang sudah bermimpi (baligh), dan agar bersiwak (menggosok gigi) dan memakai wewangian bila memilikinya.”

2. Berangkat lebih awal ke masjid. Sebagaimana diriwayatkan dari Abi Hurairah, Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ، فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً، فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتِ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

“Barangsiapa yang mandi seperti mandi junub pada hari Jumat, kemudian pada waktu pertama ia berangkat Jumat, maka seakan dia berkurban unta badanah. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu kedua, seakan berkurban sapi. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu ketiga, seakan berkurban kambing yang bertanduk. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu keempat, seakan berkurban ayam. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu kelima, seakan berkurban telur. Saat imam keluar berkhutbah, malaikat hadir seraya mendengarkan khutbahnya.”

3. Membaca surat Al Kahfi, barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada Jumat maka Allah SWT akan mencerahkan wajahnya hingga Jumat selanjutnya 

4.Mengenakan pakaian terbaik 

5.Perbanyak bershalawat. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad ﷺ: 

أَكْثِرُوا عَلَيَّ الصَّلاَةَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ كُنْتُ لَهُ شَهِيدًا، أوَ شَافِعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Banyaklah bershalawat kepadaku di hari Jumat dan malam Jumat. Barang siapa melakukan hal itu, maka aku menjadi saksi dan pemberi syafaat baginya di hari kiamat.” 

6.Waktu yang diijabah. 

«خيرُ يومٍ طلعت عليه الشَّمسُ يومُ الجمعةِ، فيه خُلِق آدمُ، وفيه أُدخل الجنَّةَ، وفيه أُخرج منها، ولا تقومُ السَّاعةُ إلَّا في يومِ الجمعة»

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

7. Lembaga dakwah Mesir menambahkan tentang penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 harus dipatuhi.

 

Sumber: elbalad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement