Sabtu 14 Aug 2021 11:34 WIB
Hari Kemerdekaan Indonesia

Hatta Antarkan Indonesia Merdeka Lewat Gemar Membaca

Sejumlah pahlawan nasional dikenal sebagai pembaca buku yang rakus.

Mohammad Hatta merupakan tokoh yang sangat mencintai pendidikan. Ia juga dikenal sangat rakus membaca, hingga ilmu yang dimiliki digunakan membawa Indonesia berjuang untuk bebas dari penjajahan.
Foto:

Menurut Halida, membangun kegemaran membaca di generasi muda bisa dilakukan melalui keluarga dan sekolah. Karena itu ia mengajak guru dan orang tua kreatif membangun kecintaan anak-anak terhadap buku sejak dini.

Salah satu caranya menurut Halida anak-anak bisa distimulasi menggambar lalu minta mereka menceritakan gambar tersebut dan menulisnya. "Jadi bermain dan berimajinasi dengan buku," ucap dia.

Di acara yang sama, Duta Baca Indonesia Gol A Gong menilai, minat baca masyarakat Indonesia tidak seburuk yang sering disebut dalam survei internasional. Sang Proklamator memberikan keteladanan betapa kecintaan kepada buku membawanya kepada kesuksesan. Bahkan menurutnya, Bung Hatta berhasil menancapkan tonggak sejarah literasi bangsa melalui pemberian mas kawin berupa buku.

"Bung Hatta menginspirasi banyak orang, ini semacam tonggak bahwa literasi di Indonesia tidak seburuk yang mereka sangkakan. Karena founding father sudah mencontohkan, bagaimana mereka menegakkan tonggak literasi," kata Gol A Gong.

Gol A Gong bahkan mengusulkan agar perayaan Hari Lahir Bung Hatta dilakukan dengan pendekatan kekinian agar bisa menyentuh generasi Z. "Literasi di Indonesia hanya perlu bergaya sedikit, bagaimana masa lalu dan masa kini dikolaborasikan," kata dia.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, menyatakan internalisasi pemikiran Bung Hatta harus diterapkan masyarakat. Ia pun berhadap generasi muda Indonesia bisa meniru nasionalisme para pejuang kemerdekaan yang berjuang untuk bangsa, tetapi tetap mencintai buku.

"Sebagaimana kita tahu, ketika Bung Hatta kembali dari Belanda, beliau membawa kurang lebih 14 peti buku ukuran 1 x 1 meter, tingginya 1 meter. Tentu saja ini adalah bagian dari kecintaan Bung Hatta kepada buku," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement