Selasa 10 Aug 2021 10:59 WIB

Prodi Bahasa Sastra UMM Raih Akreditasi Unggul

Prodi bahasa sastra Indonesia sudah lama menjalankan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih akreditasi unggul. 
Foto:

Sementara dari aspek penjaminan mutu internal, ia mengaku prodi sudah memiliki sinergitas dan kerja sama kolaboratif dengan lembaga strategis seperti Unit Pelaksanaan Teknik-Akreditasi dan Pemeringkatan (UPT - AP), Lembaga Informasi dan Publikasi (LIP) dan Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) UMM.  Sugiarti mengaku, mendapatkan kemudahan dengan adanya BPMI yang menjadi penjamin mutu internal bagi program studi di UMM. "Usaha ini juga menjadi bentuk kerja kolaboratif kami dalam meraih akreditasi Unggul," jelasnya.

Satu lagi komponen penting ialah tracer study yang berarti umpan balik alumni terkait kemampuan. Dari hasil pelacakan, masa tunggu kerja lulusan Prodi PBSI UMM rata-rata hanya tiga bulan. Angka tersebut telah memenuhi ketentuan yakni maksimal enam bulan. 

"Selain itu kesesuaian bidang kerja yang masih linier seperti guru dan editor juga berpengaruh dalam penilaian akreditasi," ungkapnya.

Meskipun sudah meraih akreditasi unggul, Sugiarti menegaskan, PBSI UMM akan terus memperbaiki diri dan berusaha mendapatkan akreditasi internasional. Selain itu, juga berusaha menjadi program studi rujukan bagi banyak pihak, baik nasional maupun internasional. Karena sudah mulai banyak jurusan Bahasa Indonesia di luar negeri atau Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), maka akreditasi internasional menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

 

Sugiarti berharap banyak hal-hal baik datang berkat adanya akreditasi unggul ini. Mulai dari proses pembelajaran yang bagus, hingga kuantitas dan kualitas mahasiswa serta alumni. “Kami selalu berupaya meningkatkan layanan dan pendidikan terbaik demi mencetak mahasiswa serta lulusan yang mumpuni di kemudian hari,” kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement