Senin 02 Aug 2021 11:54 WIB

Intel Hentikan Pengiriman Prosesor Itanium

Intel nantinya akan fokus pada arsitektur x86 di prosesor servernya ke depan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Prosesor Intel
Prosesor Intel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Intel akhirnya menghentikan pengiriman prosesor Itanium pada Kamis (29/7). Intel akan berfokus kembali ke Instruction Set Architecture (ISA) x86 yang lebih dikenal pada 2004.

Dilansir dari Techspot, Senin (2/8) Intel Itanium adalah prosesor hasil dari kemitraan antara Intel dan Hewlett-Packard (HP) dengan arsitektur IA 64. Jajaran prosesor 64-bit Itanium Intel adalah upaya untuk membuat desain non-x86 yang lebih sesuai dengan beban kerja modern dan menerapkan beberapa ide baru di bidang arsitektur prosesor.

Baca Juga

Arsitektur IA-64 dirancang untuk mendorong maju ke ranah komputasi 64-bit, serta menggantikan solusi eksklusif yang digunakan oleh banyak enterprise. Sayangnya, prosesor ini tidak begitu laku karena berbagai kendala dalam implementasi dan maintenance-nya.

Meski tidak begitu sukses, Itanium bertahan selama satu setengah dekade. Pada 29 Juli, Intel telah mengirimkan batch terakhir prosesor Itanium ke pelanggan dan dengan demikian mengakhiri era keluarga prosesor ini.

Itanium diluncurkan pada Juli 2001. Versi terbaru yang disebut Itanium 9700 "Kittson" telah selesai pada 29 Juli. Ini menandai era di mana, saat ini, Intel hanya menggunakan arsitektur x86 di prosesor servernya ke depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement