Senin 02 Aug 2021 04:21 WIB

Ketua DPD Dukung Kementan Siapkan Industri Ekspor Porang

Tanaman porang saat ini sedang menjadi primadona untuk dibudidayakan petani

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung Kementerian Pertanian (Kementan) untuk terus mengembangkan industri pengolahan porang yang memiliki nilai ekspor tinggi. (ilustrasi)
Foto:

Oleh karena itu, LaNyalla meminta pemerintah mempersiapkan dengan matang rencana pengolahan porang. Terutama sarana dan prasarana industri dan teknologi pengolahan agar standar ekspor. Bisa juga dengan menggandeng perusahaan yang memiliki pengalaman dalam bidang pengolahan bahan baku makanan.

"Perlu juga memperhitungkan kuantitas hasil porang dari para petani. Jangan sampai setelah ada industri pengolahan, sudah masuk pasar ekspor, ternyata pasokan bahan baku kurang. Jadi harus dipersiapkan sebaik-baiknya," lanjutnya.

LaNyalla memintaKementan dan pemerintah daerah melakukan upaya akselerasi. Para petani porang perlu diberikan sejumlah program dan bimbingan sehingga budi daya yang dilakukan berhasil.

"Banyak cara yang bisa dilakukan dalam percepatan pengembangan porang. Misalnya bantuan pupuk dan bibit. Juga pendampingan dalam bentuk bimbingan teknis dan kemitraan," ungkapnya.

Selain beberapa bantuan itu, menurut LaNyalla, sektor permodalan perlu dibantu Kementan. Kementan ikut memfasilitasi para petani agar mudah dalam mengakses kredit usaha rakyat (KUR).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement