Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Coca-Cola Ingin Ubah Rasa Sodanya, Akankah Diterima Pasar?

Senin 26 Jul 2021 19:35 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Coca-Cola. Dalam pernyataannya, Coca-Cola menyebut hendak mengoptimalkan rasa Coca-Cola Zero Sugar.

Coca-Cola. Dalam pernyataannya, Coca-Cola menyebut hendak mengoptimalkan rasa Coca-Cola Zero Sugar.

Foto: Republika/Prayogi
Coca-Cola pernah mengecewakan penggemar saat mengubah rasa sodanya pada 1985.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan minuman bersoda, Coca-Cola, dikabarkan akan mengubah rasa soda dengan menghadirkan coke yang lebih ikonik. Dikutip dari Indian Express, Senin (26/7), perubahan itu akan dihadirkan melalui versi baru Coke Zero.

Coca-Cola juga akan mengubah tampilan varian Coca-Cola Zero Sugar alias Coke Zero yang rasanya sangat mirip dengan versi manis dari Coke "klasik". Pejabat Coca-Cola mengklaim, rencana untuk mengubah minuman sedemikian rupa sehingga akan menghadirkan rasa Coke yang lebih ikonik.

Hal ini sekaligus mengingatkan pada keputusan Coca-Cola yang juga sempat menawarkan rasa coke baru di tahun 1985. Kekhawatiran sempat muncul dari para penggemar, bahkan sebagian mengancam untuk beralih ke merek minuman lain, seperti Dr Pepper atau Pepsi sebagai saingan Coca-Cola.

Namun, Doug Bowman, profesor pemasaran di Sekolah Bisnis Goizueta Universitas Emory memprediksi respons publik akan berbeda dibandingkan pada 1985. Saat itu, banyak yang justru protes terhadap keputusan perusahaan.

Untuk kali ini, menurut Bowman, beberapa keluhan pada awalnya akan muncul Akan tetapi, ia menilai perubahan tersebut kemungkinan tidak akan terlalu membuat perusahaan ‘kewalahan’ menerima protes dari konsumen.

"Ini adalah strategi di mana Coke mencoba untuk tetap berada di depan pasar," katanya.

Dalam pernyataannya, Coca-Cola menyebut hendak "mengoptimalkan rasa Coca-Cola Zero Sugar" dengan bahan-bahan yang ada atau seperti biasanya. Belum dijelaskan lebih rinci bagaimana proses perubahan itu dilakukan, namun perusahaan menjamin tidak akan mengubah bahan-bahan, yang meliputi air berkarbonasi, warna karamel, asam fosfat, aspartam, kafein, dan kalium benzoat.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA