Rabu 14 Jul 2021 20:19 WIB

Ketua DPD Imbau Pendekatan Humanis Saat Operasi PPKM Darurat

Pendekatan humanis, agar masyarakat tak merasa tertekan dalam kondisi yang sulit

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti mengimbau, para petugas gabungan untuk melakukan pendekatan humanis saat operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. (ilustrasi).
Foto:

La Nyalla mengakui penertiban PPKM Darurat memerlukan ketegasan agar masyarakat mematuhi aturan. Tetapi, di sisi lain, petugas juga harus memikirkan bagaimana kondisi masyarakat, khususnya yang berada di kelas bawah.

"Ada atau tidak ada PPKM Darurat, mereka tetap harus bekerja untuk menafkahi keluarganya. Dan ingat, tidak semua jenis pekerjaan bisa work from home," ujar La Nyalla.

La Nyalla menyatakan banyak masyarakat yang terpaksa tetap harus keluar rumah agar mendapatkan penghasilan. Selain itu, di media sosial juga sudah mulai banyak pandangan negatif akibat ketidakpekaan petugas saat melakukan penertiban dalam pelaksanaan PPKM Darurat. "Hal ini harus dihindari," ujarnya.

La Nyalla meminta pimpinan TNI/Polri dan kepala daerah memberikan pemahaman lebih mendalam kepada petugas pelaksana penertiban PPKM Darurat di lapangan. Menurutnya, petugas harus selalu diingatkan supaya mengedepankan unsur humanis saat berhadapan dengan masyarakat.

"Jangan gunakan kekerasan kepada warga, baik itu lisan maupun fisik dalam setiap operasi terkait PPKM Darurat. Kalau pertikaian terus-menerus terjadi saat adanya penertiban, PPKM bukan tidak mustahil bisa gagal dan justru menjadi bumerang bagi Pemerintah," kata La Nyalla mengingatkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement