Senin 05 Jul 2021 07:34 WIB

Vs Denmark, Southgate Ingin Inggris Lepas Kutukan Semifinal

Inggris gagal 4 kali di semifinal kompetisi bergengsi sejak meraih Piala Dunia 1996.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate meminta skuad Inggris untuk mengakhiri kutukan di semifinal, dengan mengalahkan Denmark di Euro 2020. Inggris tak pernah merasakan berlaga di final lagi sejak 1966.

Inggris telah gagal empat kali di semifinal kompetisi bergengsi sejak memenangkan Piala Dunia pada 1966. Terbaru, Inggris kalah di semifinal Piala Dunia 2018 oleh Kroasia.

Namun Southgate percaya pemainnya telah belajar dari kekecewaan jelang pertandingan Rabu (7/7) dini hari WIB nanti.

''Kami telah merobohkan begitu banyak kutukan atau hambatan yang dirasakan, dan saya merasa kelompok pemain ini akan merasa (pertandingan) ini hanyalah tantangan berikutnya,'' kata Southgate, dikutip dari Skysports, Senin (5/7).

Menurut Southgate, Harry Kane dkk tidak akan puas hanya dengan mencapai semifinal. Apalagi, meski masih menyimpan kekecewaan dari kegagalan di Piala Dunia tiga tahun lalu, Southgate yakin timnya akan berhasil membayar apa yang tidak bisa dicapai di Rusia tersebut.  

Apalagi, pemain muda Inggris saat ini telah mendapatkan lebih banyak pengalaman bersama timnas Inggris. Pemain Inggris, lanjut dia, telah merasakan bagaimana rasanya mengenakan jersey timnas.

''Itu sangat penting bagi generasi yang akan datang. Kami akan mendapatkan lebih banyak bakat jika kami dapat menjaga hubungan itu dengan para penggemar,'' ujar Southgate menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement