Ahad 04 Jul 2021 17:21 WIB

Magister Ilmu Komunikasi UMB akan Gelar KNK dan Pemberdayaan

Sebanyak 130 mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi akan menyumbangkan pemikirannya.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMB Jakarta, Dr Heri Budianto MSi.
Foto: dok pri
Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMB Jakarta, Dr Heri Budianto MSi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  -- Mahasiswa Pascasarjana Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta akan menggelar Konferensi Nasional Komunikasi (KNK) dan Pemberdayaan Komunitas Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana 2021. Kegiatan yang kana digelar pada 14 Agustus 2021 itu mengusung tema "Membangun Optimisme Komunikasi di Tengah Pandemi Covid-19". 

"Kegiatan ini merupakan ajang bagi mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi untuk memberikan kontribusi riil kepada masyarakat. Sumbangan pemikiran akademis dalam bidang komunikasi ini diharapkan dapat menjadi penunjuk arah bagi masyarakat dan pemerintah dalam menjalani krisis pandemi ini," ujar Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr Heri Budianto dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id, Ahad (4/7).

Menurut Herbud, keikutsertaan dalam kegiatan konferensi nasional ini menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UMB dalam proses menyelesaikan pendidikannya di Strata-2.

"Sebelum terjadi pandemi Covid-19, calon Magister Ilmu Komunikasi wajib mengikuti Outbound, tiap mahasiswa akan memberikan kontribusi berupa sumbangan pemikiran untuk memberdayakan masyarakat yang menjadi target dalam kegiatan tersebut," ungkapnya. Namun, kata dia, sejak pandemi Covid-19, kegiatan outbound ini diangkat ke dunia maya melalui kegiatan ini secara daring.

"Kegiatan konferensi nasional ini akan digelar dengan kegiatan seminar nasional dilanjutkan dengan Call For Paper dan Social Voluntering diikuti oleh mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi UMB dari semester 2 dan 3," imbuh Ketua Panitia KNK dan Pemberdayaan Komunitas Fikom UMB, Alexander Suban.

Alexander mengatakan, sebanyak 130 mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi akan menyumbangkan pemikirannya untuk menjadi solusi dalam menghadapi krisis yang terjadi saat ini. "Para mahasiswa akan memaparkan pemikirannya dan melakukan diskusi untuk mematangkan makalah-makalah ini dalam berbagai sesi diskusi yang membahas bidang Komunikasi Politik, Komunikasi Pemasaran dan Korporat dan bidan Bisnis Industri Media," kata dia.

Hasil berbagai diskusi tersebut akan diterbitkan dalam jurnal akademik dan prosiding. Sementara itu, dalam kegiatan Social Voluntering, para mahasiswa akan memberikan bimbingan dan pelatihan bagi berbagai komunitas antara lain, komunitas sekolah, penggiat digital, komunitas sosial dan komunitas UMKM.

 

sumber : Siaran Pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement