Senin 28 Jun 2021 04:01 WIB

Belgia Singkirkan Juara Bertahan Portugal 1-0

Gol semata wayang Thorgan Hazard mengantarkan Belgia menyingkirkan Portugal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Thorgan Hazard (kanan depan) dari Belgia merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belgia dan Portugal di Seville, Spanyol, 27 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Jose Manuel Vidal
Thorgan Hazard (kanan depan) dari Belgia merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belgia dan Portugal di Seville, Spanyol, 27 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,SEVILLA -- Belgia sukses menjegal langkah Portugal untuk mempertahankan titel Piala Eropa. Lewat gol semata wayang Thorgan Hazard pada menit ke-43 mengantarkan Belgia menyingkirkan Portugal di babak 16 besar Euro 2020, Senin (28/6) dini hari WIB. Di babak perempat final, Belgia sudah ditunggu Italia, yang berhasil membungkam Austria, 2-1.

Pada awal laga, kedua tim masih berusaha untuk mengendalikan permainan. Kedua tim cenderung berhati-hati untuk langsung mengambil inisiatif serangan. Peluang emas pertama pada babak pertama akhirnya benar-benar tercipta pada menit ke-25. Cristiano Ronaldo mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Sepakan keras bintang Juventus itu tepat mengarah ke gawang. Namun, bola hasil sepakan Ronaldo itu masih bisa dihalau kiper Belgia, Thibaut Courtois. Setidaknya hingga menit ke-30, Portugal memang terlihat lebih dominan. Sementara Belgia lebih sering mengandalkan serangan balik, yang bertumpu pada Romelu Lukaku.

Kendati begitu, Belgia mampu mengejutkan pertahanan Portugal. Sebuah bangunan serangan De Rode Duivels pada menit ke-43 mampu diselesaikan oleh Thorgan Hazard. Merangsek dari sisi kiri pertahanan Portugal, Hazard melepaskan sepakan keras dengan kaki kanan dari luar kotak penalti. Laju arah bola sepakan Hazard itu tidak mampu diantisipasi oleh kiper Portugal, Rui Patricio.

Bola yang disepak Hazard dari sebelah kanan pertahanan Portugal meluncur deras dan bersarang di sebelah kiri gawang Portugal. Belgia pun tercatat mencetak gol dengan tembakan tepat ke arah gawang pertama mereka di laga ini. Gol Hazard itu juga menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama dan membawa Belgia unggul atas Portugal.

Pada babak kedua, situasi pertandingan sebenarnya tidak terlalu berbeda seperti pada babak pertama. Ketimbang membangun serangan, Belgia cenderung pasif dan lebih sering mengandalkan serangan balik cepat. Sementara Portugal terus berupaya menyamakan kedudukan dan menekan pertahanan Belgia.

Hingga pertengahan babak kedua, Portugal mampu unggul penguasaan bola hingga mencapai 55 persen. Pun dengan jumlah sepakan yang dilepaskan para penggawa Portugal sejak awal babak pertama. Sebanyak 12 sepakan, termasuk tiga tembakan tepat mengarah ke gawang, dilepaskan para penggawa Portugal. Sementara Belgia hanya mampu mengemas dua sepakan, tanpa ada satupun yang mengarah ke gawang.

Langkah pelatih Portugal, Fernando Santos, dengan memasukan Bruno Fernandes dan Joao Felix pada menit ke-56 terbukti belum berhasil meningkatkan performa Portugal. Berbagai upaya Portugal kerap kandas di jantung pertahanan Belgia. Pada menit ke-83, Portugal mendapatkan peluang emas lewat tendangan voli Raphael Guerreiro. Namun, bola masih membentur mistar gawang Belgia.

Hingga lima menit masa injury time, Portugal masih belum mampu menyamakan kedudukan. JUara bertahan Piala Eropa itu akhirnya harus puas mengakhiri kiprahnya di Euro 2020 di babak 16 besar. Sementara buat Belgia, kemenangan ini mengantarkan De Rode Duivels ke babak perempat final. Italia akan menjadi lawan selanjutnya Belgia dalam kiprahnya di Euro 2020.

Susunan Pemain:

Belgia (3-4-2-1)

Pelatih: Roberto Martinez

Kiper: Courtois

Belakang: Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen

Tengah: Meunier, Tielemans, Witsel, Thorgan Hazard; De Bruyne, Eden Hazard

Depan: Lukaku

Portugal (4-3-3)

Pelatih: Fernando Santos

Kiper: Rui Patricio

Belakang: Guerreiro, Dias, Pepe, Dalot

Tengah: Moutinho, Palhinha, Sanches

Depan: Jota, Ronaldo, Silva

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement