Rabu 23 Jun 2021 11:09 WIB

Mourinho Sebut Bruno Fernandes Gagal di Piala Eropa

Portugal kini menaruh harapan pada Bruno Fernandes untuk laga terakhir fase grup.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bruno Fernandes dari Portugal bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/HUGO DELGADO
Bruno Fernandes dari Portugal bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pelatih asal Portugal, Jose Mourinho menyebut gelandang Manchester United, Bruno Fernandes telah gagal dalam dua laga pembuka Portugal di Euro 2020. Mourinho mengeklaim Fernandes gagal menunjukkan kualitas sama ketika di Manchester United dengan saat membela Portugal.

Fernandes menempati posisi ketiga dalam top skorer Liga Premier 2020/2021 dengan 18 gol. Namun kini Portugal terancam tidak lolos babak fase grup setelah kalah dari Jerman pada akhir pekan lalu.

"Dia bisa mengoper, mencetak gol, mendapat penalti, mencetak penalti, mencetak gol dari bola mati, dan punya banyak hal untuk dia berikan pada tim. Tapi dalam dua pertandingan ini, dia tidak ada di sana," kata Mourinho dilansir dari laman Peoples Gazette, Rabu (23/6).

Menurutnya, sampai saat ini Fernandes yang jadi bintang di Manchester United tidak terlihat di Portugal. Fernandes tidak mencatatkan assist atau gol dalam dua laga tersebut. 

Sebagai pemain yang masuk nominasi pemain terbaik musim lalu, Fernandes gagal memenuhi harapan saat Portugal melawan Jerman dan Hungaria. Penampilannya selama membela Portugal di ajang internasional pun tidak terlalu bagus. Sejak berseragam timnas pada 2017, dia hanya mencatatkan empat gol dari 31 pertandingan.

Tiga gol pertamanya tercipta saat laga uji coba melawan Al-Jazair pada 7 Juni 2018 dan Israel pada 9 Juni 2021. Sementara gol keempatnya pada 17 November 2019 saat kualifikasi Euro2020 melawan Luksemburg.

Portugal kini menaruh harapan pada Bruno Fernandes untuk laga terakhir fase grup. Di mana Portugal akan menghadapi Prancis dan hanya membutuhkan hasil seri atau menang untuk mengamankan posisi di babak 16 besar.

"Saya berharap dia muncul melawan Prancis karena dia adalah pemain dengan potensi yang luar biasa," kata Mourinho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement