Kamis 17 Jun 2021 20:15 WIB

Christian Eriksen Akan Dipasang Alat Starter Jantung

Kami mendorong semua orang untuk memberikan kedamaian dan privasi kepada Eriksen

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Paramedis menggunakan tandu untuk mengeluarkan Christian Eriksen dari lapangan setelah ia pingsan saat pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6).
Foto: Friedemann Vogel/Pool via AP
Paramedis menggunakan tandu untuk mengeluarkan Christian Eriksen dari lapangan setelah ia pingsan saat pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Christian Eriksen akan dipasang perangkat untuk membantu mengobati irama jantung yang tidak normal setelah ia menderita serangan jantung pada laga Euro 2020 Sabtu (12/6) lalu saat Denmark kalah 1-0 dari Finlandia.

Spesialis jantung telah mengambil keputusan untuk memasang starter jantung setelah Eriksen menjalani pemeriksaan jantung yang berbeda.

Dokter tim nasional Denmark Morten Boesen telah berkonsultasi dengan spesialis jantung di Rigshospitalet, rumah sakit tempat Eriksen berada, yang telah merekomendasikan perawatan tersebut.

Starter jantung, juga dikenal sebagai implan cardioverter defibrillator (ICD), adalah perangkat kecil yang mengatur irama jantung abnormal.

Kabel tipis menghubungkan perangkat, ditempatkan di bawah kulit tepat di bawah tulang selangka, ke jantung dan memantau detak jantung Anda melalui elektroda.

Perangkat ini mirip dengan alat pacu jantung tetapi digunakan untuk menghidupkan kembali jantung jika ia masuk ke ritme yang tidak dapat memastikan kontraksi ventrikel.

Sebuah pernyataan dari FA Denmark, “Dokter tim nasional Morten Boesen telah melakukan kontak dengan spesialis jantung di Rigshospitalet dan Christian Eriksen dan ini adalah status terbaru."

'‘Setelah Christian menjalani pemeriksaan jantung yang berbeda, diputuskan bahwa dia harus menjalani ICD (starter jantung). Perangkat ini diperlukan setelah serangan jantung karena gangguan irama."

“Christian telah menerima solusinya dan rencana tersebut juga telah dikonfirmasi oleh para spesialis nasional dan internasional yang semuanya merekomendasikan perawatan yang sama." Lanjutnya.

“Kami mendorong semua orang untuk memberikan kedamaian dan privasi kepada Eriksen dan keluarganya di waktu berikutnya." Terangnya.

Eriksen turun pada menit ke-43 pertandingan Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia.  Dengan cepat menjadi jelas bahwa situasinya serius dan pertandingan dihentikan selama lebih dari 90 menit sementara pemain berusia 29 tahun itu diperiksa dan dirawat.

Setelah dirawat oleh petugas medis di lapangan, Eriksen kemudian dipindahkan ke rumah sakit Kopenhagen di mana ia “distabilkan”.  Pertandingan kemudian diizinkan untuk dilanjutkan.

Setelah tanpa gol sebelum penghentian, pertandingan berakhir 1-0 untuk Finlandia dengan Joel Pohjanpalo pulang untuk memberi Finlandia kemenangan pertama mereka di turnamen besar pada debut mereka.

Pada hari Ahad (13/6), FA Denmark mengkonfirmasi bahwa pemain Inter Milan sudah bangun dan telah berbicara dengan rekan satu timnya.

Selanjutnya Denmark akan menghadapi Belgia pada pukul 5 sore (BST) dalam pertandingan penyisihan grup kedua mereka.

Romelu Lukaku mengumumkan Belgia akan menghentikan permainan pada menit ke-10 dalam pertandingan sebagai penghormatan kepada rekan setimnya di Inter Milan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement