Rabu 16 Jun 2021 22:04 WIB

Kalahkan Finlandia, Rusia Hidupkan Peluang di Euro 2020

Gol kemenangan Rusia dicetak Aleksey Miranchuk.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Rusia Aleksei Miranchuk merayakan setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Finlandia dan Rusia di stadion Gazprom Arena di St. Petersburg, Rusia, Rabu (16/6).
Foto: AP /Kirill Kudryavtsev
Pemain Rusia Aleksei Miranchuk merayakan setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Finlandia dan Rusia di stadion Gazprom Arena di St. Petersburg, Rusia, Rabu (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT PETERSBURG -- Rusia menang 1-0 atas Finlandia dalam pertandingan kedua babak penyisihan grup B Piala Eropa, di Stadion Krestovsky, Rabu (16/6) malam WIB. Gol tersebut dicetak Aleksey Miranchuk.

Kemenangan ini secara otomatis menghidupkan peluang Rusia untuk terus bertahan di Euro 2020. Hingga berita ini ditulis, Rusia telah mengumpulkan tiga angka dari dua laga. Rusia untuk sementara waktu menggusur posisi Finlandia di peringkat kedua klasemen grup B.

 

Dalam laga ini, Rusia menciptakan peluang bagus ketika laga baru berlangsung satu menit. Magomed Ozdoev melakukan tembakan namun berhasil diblok.

Finlandia sempat mencetak gol pada menit keempat. Namun VAR memutuskam gol tak sah.Laga berlangsung panas pada awal laga.

Jual beli serangan dilakukan oleh kedua tim. Namun Rusia lebih mendominasi penguasaan bola. Sedangkan Finlandia bermain tegas dan serangan balik cepat.

Ozdoev salah satu pemain menonjol di tim Rusia. Ia beberapa kali mengancam pertahanan Finlandia. Ozdoev kembali melakukan percobaan meski gagal.

Finlandia memiliki peluang bagus untuk unggul 1-0. Namun tendangan Joel Pohjanpalo masih diblok pemain Rusia.

Rusia harus mengganti pemain pada menit ke-26. Vyacheslav Karavaev masuk menggantikan Mario Fernandes yang cedera. Rusia unggul 1-0 jelang babak pertama usai. Tembakan kaki kiri Aleksey Miranchuk tak bisa dihalau kiper Finlandia. Gol tersebut penutup pada babak pertama.

Babak kedua, Finlandia mencoba menekan sejak laga dimulai. Sejumlah peluang penting mereka ciptakan. Menit ke-49, Teemu Pukki melakukan percobaan lewat tembakan kaki kanan. Namun masih bisa diblok.

Satu menit berselang, rekan Pukki, sundulan Joel Pohjanpalo nyaria menyamakan kedudukan tapi diblok. Rusia benar-benar mendapatkan tekanan tinggi dari Finlandia.

Rusia melakukan pergantian pemain dengan memasukkam Rifat Zhemaletdinov menggantikan Ozdoev. Pergantian cukup membawa dampak. Rusia mulai memberikan ancaman ke pertahanan Finlandia.

Usaha Finlandia menyamakan kedudukan tak berhasil hingga laga berakhir. Pasalnya, Rusia bermain disiplin dalam bertahan.

Kemenangan ini membuat Rusia menjaga asa lolos dari fase grup B. Mereka kini duduk di posisi kedua klasemen di bawah Belgia. Adapun Finlandia di urutan ketiga dengan poin sama dengan Rusia dan Belgia yang baru akan bermain beberapa jam kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement