Senin 14 Jun 2021 18:15 WIB

Jelang Lawan Ceska, Pemain Skotlandia Diklaim Lebih Pede

Harapan bagi Skotlandia untuk menghancurkan segala tantangan di Euro 2020.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
John Carver
Foto: AP Photo/Jon Super
John Carver

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Asisten pelatih Skotlandia, John Carver, mengeklaim timnya berkembang lebih baik dan dipercepat dengan bergabungnya pemain-pemain berbakat dalam ajang Euro 2020.

Carver bergabung ke dalam tim pelatih Steve Clarke awal musim lalu dan melihat kepercayaan diri dalam diri Skotlandia menjelang keberhasilan memenangkan play-off saat melawan Serbia November lalu.

Oleh karena itu, ia percaya ada harapan bagi Skotlandia untuk menghancurkan segala tantangan pada Piala Eropa 2020 yang mereka ikuti untuk pertama kalinya dalam 23 tahun. Ia yakin Skotlandia akan lolos dari fase grup.

"Apa yang tidak ingin kami lakukan adalah tiba di turnamen dan berkata, benar, kami senang berada di sini. Kami ingin mengambil langkah selanjutnya.”

“Karena jika kami memiliki turnamen yang bagus, itu akan menempatkan kami dalam posisi yang baik untuk bagian selanjutnya dari Piala Dunia,” katanya menjelang melawan Republik Ceko, dilansir dari chroniclelive, Senin (14/6).

Ia menegaskan, pemainnya punya tekad untuk bisa bersaing dan maju. Mereka menyerap setiap perkataan yang disampaikan pelatih. Ia mengungkapkan, sejak bergabung, kualitas tim semakin baik dengan standar tinggi.

Menurut Carver, pasukannya ingin meraih sesuatu yang pernah dicapai oleh tim nasional putra Skotlandia. Ia berharap modal kepercayaan yang sedang naik daun bisa mewujudkan hal tersebut.

Ia juga menilai peningkatan kualitas tim tak lepas dari ditundanya Piala Eropa 2020. Pasalnya, tim bisa melakukan persiapan lebih matang.

"Lihat saja tiga pemuda yang datang--Billy Gilmour, Nathan Patterson, dan David Turnbull. Mereka telah menambahkan kualitas ke skuat,” ujarnya.

Ketiga pemain tersebut memberikan tekanan kepada pemain senior di tim Skotlandia. Hal tersebut terjadi karena mereka mempunyai kualitas. Penjelasan Carver tersebut tak lepas dari tugasnya untuk membangun kepercayaan diri pemain.

“Salah satu hal utama bagi saya adalah kekompakan dan kebersamaan,” katanya menambahkan.

Skotlandia akan melawan Ceko pada laga perdana penyisihan Grup D Piala Eropa, di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Senin (14/6) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement