Senin 14 Jun 2021 11:23 WIB

Tiket Wisata Luar Angkasa Terjual Seharga Rp 398 Miliar

Wisata luar angkasa pertama ini disediakan miliader Jeff Bezos.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Blue Origin
Foto: Discovery.com
Blue Origin

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Seorang penawar misterius membayar 28 juta dolar AS atau Rp 398 miliar pada lelang untuk duduk di kursi pesawat ke luar angksa bulan depan. Wisata luar angkasa pertama ini disediakan miliader Jeff Bezos dengan perusahaan antariksanya Blue Origin.

Bezos yang juga pendiri Amazon mengungkapkan bahwa dia dan saudaranya Mark akan duduk di atas pesawat luar angkasa New Shepard pada 20 Juli, untuk terbang ke tepi luar angkasa dan kembali. Bezos bersaudara akan bergabung dengan pemenang lelang amal yang identitasnya masih belum diketahui, dan oleh turis luar angkasa keempat yang belum disebutkan namanya. 

Baca Juga

"Nama pemenang lelang akan dirilis dalam beberapa minggu setelah penutupan lelang," tweet Blue Origin setelah penjualan dilansir dari VOA pada Senin (14/6).

"Kemudian, anggota kru keempat dan terakhir akan diumumkan -- nantikan terus," lanjut cuitan itu.

Penawar yang sukses pada Sabtu lalu mengalahkan sekitar 20 pesaing dalam lelang yang diluncurkan pada 19 Mei dan diakhiri dengan hiruk-pikuk siaran langsung selama 10 menit. Penawaran telah mencapai $4,8 juta pada hari Kamis, tetapi melonjak secara spektakuler dalam lelang terakhir.

Hasil lelang- selain dari komisi juru lelang 6 persen, akan disumbangkan ke yayasan Blue Origin, Club for the Future, yang bertujuan untuk menginspirasi generasi mendatang untuk mengejar karir di STEM - sains, teknologi, teknik, dan matematika. 

Lepas landas dari gurun di Texas barat, perjalanan New Shepard akan berlangsung 10 menit. Empat menit di antaranya akan dihabiskan penumpang di atas garis Karman yang menandai batas yang diakui antara atmosfer dan ruang angkasa Bumi.

Setelah lepas landas, kapsul terpisah dari pendorongnya, kemudian menghabiskan empat menit di ketinggian melebihi 100 kilometer, selama waktu itu mereka yang berada di dalam pesawat mengalami keadaan tanpa bobot dan dapat mengamati lengkungan Bumi. Booster mendarat secara mandiri di pad 3,2 kilometer dari lokasi peluncuran, dan kapsul mengapung kembali ke permukaan dengan tiga parasut besar yang memperlambatnya hingga sekitar 1,6 kpj saat mendarat. 

Bezos, yang mengumumkan awal tahun ini dia mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif Amazon untuk menghabiskan lebih banyak waktu di proyek lain termasuk Blue Origin, mengatakan terbang ke luar angkasa adalah mimpi seumur hidup. New Shepard Blue Origin telah berhasil melakukan lebih dari selusin uji coba tanpa awak dari fasilitasnya di Pegunungan Guadalupe Texas. 

"Kami siap menerbangkan beberapa astronot," kata direktur penjualan astronot dan orbital Blue Origin, Ariane Cornell. 

Sistem roket suborbital yang dapat digunakan kembali dinamai Alan Shepard, orang Amerika pertama di luar angkasa 60 tahun yang lalu. Kapsul otomatis tanpa pilot memiliki enam kursi dengan sandaran horizontal yang ditempatkan di samping lubang intip besar, di kabin futuristik dengan pencahayaan desir. Beberapa kamera membantu mengabadikan beberapa menit pengalaman wisatawan luar angkasa tanpa bobot. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement