Senin 14 Jun 2021 04:17 WIB

Belanda Kantongi Tiga Poin Atas Ukraina

Belanda menang usai melakoni laga drama lima gol melawan Ukraina.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pemain Belanda merayakan gol mereka ke gawang Ukraina dalam laga Grup C, di Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB.
Foto: EPA/John Thys
Pemain Belanda merayakan gol mereka ke gawang Ukraina dalam laga Grup C, di Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda berhasil mengamankan tiga poin dalam pertandingan pertama Grup C Euro 2020. Anak asuh Frank de Boer berhasil keluar sebagai pemenang usai melakoni laga dengan drama lima gol melawan Ukraina.

Bermain di Johan Cruijff Arena, Belanda unggul penguasaan bola pada sepanjang pertandingan. Namun, sepakan-sepakan yang dilakukan Wijnaldum dkk baru membuahkan hasil pada babak kedua.

Gol pertama dicetak oleh kapten Belanda, Wijnaldum, pada menit ke-52. Umpan silang Dumfries, yang sering kali membantu lini serang, ke arah kotak penalti ditepis oleh Bushchan. Namun, Wijnaldum yang bergerak bebas di depan kotak penalti langsung menyambar bola muntah tersebut dengan sepakannya.

Kemudian, gol kedua dicetak oleh pemain depan Belanda, Weghorst, pada menit ke-59. Lagi-lagi gol berawal dari kaki Dumfries di sisi kiri pertahanan Ukraina. Weghorst yang berada di dalam kotak penalti berhasil menyepak bola muntah dengan kencang. Gawang Ukraina kebobolan untuk kedua kalinya.

Ukraina bermain bukan tanpa perlawanan. Setelah tertinggal dua gol, tim asuhan Andriy Schevchenko berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Kapten Ukraina, Yarmolenko, mencetak gol pertama dengan ciamik. Lewat kaki kirinya dia menaruh bola di pojok kanan atas gawang yang dijaga oleh Stekelenburg.

Tak lama berselang, gol kedua dicetak oleh Yaremchuk. Gol berawal dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Belanda. Tendangan bebas yang berupa umpan ke arah dalam kotak penalti berhasil dieksekusi dengan baik oleh penyerang Ukraina itu.

Gol kemenangan Belanda baru berhasil dicetak pada menit ke-85. Dumfries yang bermain apik sejak babak pertama turut mencatatkan namanya di papan skor. Sundulannya berhasil membawa Belanda mengamankan tiga gol di fase grup Euro 2020 ini.

Dengan hasil ini, Belanda sementara berada di urutan kedua klasemen Grup C 2020. Belanda berada di bawah Austria yang sebelumnya juga meraih kemenangan atas Makedonia Utara. Sementara, Ukraina berada di posisi ketiga klasemen sementara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement