Belanda Kantongi Tiga Poin Atas Ukraina

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Yudha Manggala P Putra

Pemain Belanda merayakan gol mereka ke gawang Ukraina dalam laga Grup C, di Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB.
Pemain Belanda merayakan gol mereka ke gawang Ukraina dalam laga Grup C, di Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB. Foto: EPA/John Thys
Belanda menang usai melakoni laga drama lima gol melawan Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda berhasil mengamankan tiga poin dalam pertandingan pertama Grup C Euro 2020. Anak asuh Frank de Boer berhasil keluar sebagai pemenang usai melakoni laga dengan drama lima gol melawan Ukraina.

Bermain di Johan Cruijff Arena, Belanda unggul penguasaan bola pada sepanjang pertandingan. Namun, sepakan-sepakan yang dilakukan Wijnaldum dkk baru membuahkan hasil pada babak kedua.

Gol pertama dicetak oleh kapten Belanda, Wijnaldum, pada menit ke-52. Umpan silang Dumfries, yang sering kali membantu lini serang, ke arah kotak penalti ditepis oleh Bushchan. Namun, Wijnaldum yang bergerak bebas di depan kotak penalti langsung menyambar bola muntah tersebut dengan sepakannya.

Kemudian, gol kedua dicetak oleh pemain depan Belanda, Weghorst, pada menit ke-59. Lagi-lagi gol berawal dari kaki Dumfries di sisi kiri pertahanan Ukraina. Weghorst yang berada di dalam kotak penalti berhasil menyepak bola muntah dengan kencang. Gawang Ukraina kebobolan untuk kedua kalinya.

Ukraina bermain bukan tanpa perlawanan. Setelah tertinggal dua gol, tim asuhan Andriy Schevchenko berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Kapten Ukraina, Yarmolenko, mencetak gol pertama dengan ciamik. Lewat kaki kirinya dia menaruh bola di pojok kanan atas gawang yang dijaga oleh Stekelenburg.

Tak lama berselang, gol kedua dicetak oleh Yaremchuk. Gol berawal dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Belanda. Tendangan bebas yang berupa umpan ke arah dalam kotak penalti berhasil dieksekusi dengan baik oleh penyerang Ukraina itu.

Gol kemenangan Belanda baru berhasil dicetak pada menit ke-85. Dumfries yang bermain apik sejak babak pertama turut mencatatkan namanya di papan skor. Sundulannya berhasil membawa Belanda mengamankan tiga gol di fase grup Euro 2020 ini.

Dengan hasil ini, Belanda sementara berada di urutan kedua klasemen Grup C 2020. Belanda berada di bawah Austria yang sebelumnya juga meraih kemenangan atas Makedonia Utara. Sementara, Ukraina berada di posisi ketiga klasemen sementara.

Terkait


 Pelatih kepala Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

Loew Senang Jerman Tunjukkan Mentalitas Hebat

Antoine Griezmann (kiri) dari Prancis merayakan golnya ke gawang Hungaria bersama rekan setimnya Ousmane Dembele dalam pertandingan Grup F Euro 2020.

Griezmann Nilai Faktor Penonton Buat Prancis Gagal Menang

Denzel Dumfries dinobatkan sebagai pemain terbaik atau star of the match laga Belanda vs Ukraina di Euro 2020.

Bek Belanda Ini Nyaman dengan Posisi yang Diberikan De Boer

Lorenzo Insigne (kiri) dan Gareth Bale akan beradu ketajaman saat Italia menghadapi Wales dalam laga terakhir Grup A Euro 2020.

Infografis Italia vs Wales: Laga Penentuan Juara Grup A

Aksi Robin Gosens dari Jerman di Euro 2020.

Gosens Hadirkan Senyum di Wajah Joachim Loew

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image