Data dan Fakta Seputar Duel Italia Vs Turki di Euro 2020

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Para pemain timnas Italia saat merayakan gol ke gawang lawan.
Para pemain timnas Italia saat merayakan gol ke gawang lawan. Foto: EPA-EFE/ELISABETTA BARACCHI
Timnas Italia tidak pernah kalah dalam 10 pertemuan melawan Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Beberapa jam lagi, partai pembuka Piala Eropa (Euro) 2020 berlangsung. Tentu saja pertarungan ini melibatkan tim-tim yang berada di Grup A.

Italia menjamu Turki, di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6) dini hari WIB. Mengutip dari uefa.com, berikut sejumlah data dan fakta seputar duel kedua kubu.

- Italia tidak pernah kalah dalam 10 pertemuan melawan Turki. Perinciannya, Gli Azzurri menang di tujuh laga, dan tiga duel berkesudahan imbang.

- Sejak 1980, Italia hanya sekali mengalami kekalahan dalam delapan partai perdana turnamen Piala Eropa. Sisanya, dalam tujuh kesempatan, Gli Azzurri mengoleksi tiga kemenangan, dan imbang di empat partai.

- Satu-satunya kekalahan Italia pada laga perdana Piala Eropa terjadi pada 2008 lalu. Saat itu, Gli Azzurri yang tergabung di Grup C, dihajar Belanda, tiga gol tanpa balas.

- Duel di Roma nanti, menjadi pertemuan pertama kedua tim di pentas Piala Eropa, setelah 20 tahun berlalu. Sebelumnya, Italia dan Turki bertemu pada Euro 2000. Saat itu, Gli Azzurri unggul tipis 2-1 atas the Crescent-Stars.

- Ini kampanye kelima Turki pada kejuaraan Eropa, sejak debut pada 1996 lalu.

- Turki lolos ke Piala Eropa 2020, setelah menempati posisi kedua Grup H, di belakang Prancis. Tapi saat berhadapan dengan Les Bleus, skuad polesan Senol Gunes tak pernah kalah. Ketika mentas di rumah sendiri, The Crescent-Stars unggul 2-0. Giliran tampil di Paris, kedua tim bermain imbang 1-1.

- Turki hanya kebobolan tiga gol selama kualifikasi Piala Eropa 2020. Itu rekor pertahanan terbaik bersama Belgia. Merih Demiral dan rekan-rekan mencatatkan delapan clean sheet, lebih banyak dari tim mana pun.

- Ini akan menjadi pertandingan kedua, timnas Turki di Stadion Olimpico, Roma. Sebelumnya pada 17 Maret 1954, The Crescent-Stars bermain imbang 2-2 dengan Spanyol di arena tersebut. Hasil demikian, meloloskan Turki ke Piala Dunia pada tahun yang sama.

Terkait


 Pemain Inggris berbaris untuk pertandingan sepak bola babak penyisihan grup D UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Kroasia di stadion Wembley di London, Inggris, 13 Juni 2021.

Babak Pertama, Skor Inggris Vs Kroasia Kacamata

Pemain FinlandiaTeemu Pukki (bawah) mengontrol bola saat pemain Denmark Yussuf Poulsen (kiri) Daniel Wass (tengah) dan Christian Eriksen berlari untuk menghentikannya pada pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6).

Schmeichel Keputusan UEFA Terkait Laga Denmark Vs Finlandia

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memboyong 26 pemain dalam turnamen Euro 2020. Timnas Inggris akan menghadapi Kroasia di laga pembuka Grup D Euro 2020.

Manchester Mendominasi Skuad Timnas Inggris di Euro 2020

Inggris vs Kroasia membuka laga Grup D Euro 2020.

Ini Starting XI Inggris Vs Kroasia di Laga Grup D Euro 2022

Hewan peramal bernama Psychic Sausage memprediksi hasil pertandingan antara Inggris vs Kroasia di Euro 2020.

Doyan Sosis dan Daging, Inggris vs Kroasia Diprediksi Imbang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image