Senin 24 May 2021 15:50 WIB

Ketua DPD RI Ingatkan Ibu-Ibu Waspadai Arisan Fiktif

Ratusan orang mayoritas ibu-ibu jadi korban penipuan arisan fiktif di Mojokerto

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan, ibu-ibu di Kalimantan Selatan (Kalsel) tidak mudah tertarik untuk mengikuti arisan yang diselenggarakan oleh pihak-pihak yang belum dikenal. (ilustrasi)
Foto:

Kepada Polres Mojokerto, LaNyalla meminta untuk menelusuri kasus tersebut. Dikhawatirkan masih ada kelompok tertentu yang terkait dengan sindikat penipu dengan modus arisan fiktif itu.

"Alhamdulillah, pelaku sudah tertangkap. Namun, jangan hanya sampai di situ, harus diusut lebih jauh agar terang benderang ini bermain sendiri atau berkelompok semacam sindikat," katanya.

Menurut dia, yang terpenting para korban harus mendapatkan haknya kembali setelah menyetor uang untuk arisan. Paling tidak nominal uang yang dikembalikan kepada peserta arisan sebesar uang yang disetorkan.

"Ini yang tidak boleh dianggap sepele. Aparat penegak hukum perlu juga mengambil tindakan atau mencari cara agar uang para peserta arisan ini terganti. Bisa dengan sita aset pelaku atau hal lain," katanya.

Dari keterangan para korban arisan, mereka membayar arisan setiap pekan sampai 46 kali dalam setahun dengan paket yang sudah dipilih. Sementara itu, hasilnya dibagikan paling lambat satu minggu menjelang Lebaran 2021.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement