Dengan adanya konektivitas yang andal, Herlan berharap masyarakat dapat dengan mudah berkomunikasi baik melalui telepon, video conference hingga berbagi konten lebaran. Herlan juga mengapresiasi petugas posko yang mendedikasikan diri untuk mengawal layanan Telkom Group meski
dalam suasana merayakan Hari Raya. Herlan berpesan fokus empat hal yakni disiplin operasi, quick response, quick action serta utamakan keamanan dan keselamatan.
Herlan juga menyampaikan progres pemulihan layanan Telkom Group di Jayapura yang sempat terganggu sebagai dampak putusnya sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Sarmi.
"Alhamdulillah kapasitas bandwidth Telkom di Jayapura yang sudah up mencapai 2 Gbps di mana 500 Mbps dukungan dari infrastruktur Palapa Ring Timur dan 1.507 Mbps dari link satelit yang dioperasikan Telkomsat," lanjut Herlan.
Telkom, sambung Herlan, juga sudah menyiapkan kapal yang akan berangkat untuk melakukan penyambungan dan perbaikan pada kabel yang terputus. Herlan menerangkan, total kapasitas bandwidth Telkom yang pulih di Jayapura saat ini mencapai 2,007 Gbps. Telkom terus mengupayakan agar kapasitas ini semakin meningkat dengan mengerahkan teknisi dan petugas lapangan untuk pengaktifan link back up serta mengawal proses pemulihan layanan agar segera terselesaikan.