Legislator Minta KPK Transparan Ungkap Hasil Tes Novel

Novel Baswedan dikabarkan tidak lolos tes wawasan kebangsaan

Selasa , 04 May 2021, 15:59 WIB
Sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk penyidik KPK Novel Baswedan, dikabarkan tidak lolos tes wawasan kebangsaan sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Politikus Partai Gerindra itu mengungkapkan, Komisi III DPR akan menggelar rapat dengan KPK. Komisi III akan menyoroti hal tersebut jika benar Novel dinyatakan tidak lulus dalam ujian tersebut. "Pasti nanti ada pertemuan dengan KPK ketika masa sidang besok habis Lebaran, kita ingin tanya persoalan tes tersebut," tegasnya.

Sebelumnya, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan, KPK telah menerima hasil tes wawasan kebangsaan sebagai syarat alih status pegawai ke ASN dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). "KPK memastikan akan menyampaikan hasilnya kepada publik dalam waktu dekat dan akan kami informasikan lebih lanjut," katanya menambahkan.

Diketahui, KPK bekerja sama dengan BKN menggelar asesmen wawasan kebangsaan untuk para pegawainya. Asesmen ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari alih status pegawai KPK menjadi ASN.