DPR: Keamanan dan Keselamatan Harus Jadi Fokus Arus Mudik

Kemenhub harus memperhatikan kembali transportasi mudik dan balik lebaran

Rabu , 17 Mar 2021, 14:36 WIB
Warga mengendarai sepeda motor melintasi ruas jalan Tol Serang-Rangkasbitung di Kabupaten Serang, Banten, Senin (22/2/2021). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat progres pembangunan jalan Tol Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,50 km telah mencapai 88,34 persen dan siap dioperasikan untuk mendukung arus mudik Lebaran 2021.

Lasarus mengingatkan bahwa umumnya keluhan para penumpang masih terlalu banyak ditemukan, baik di terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara saat mengakses moda transportasi mudik. Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan pemerintah belum memutuskan soal melarang atau membolehkan mudik pada Lebaran 2021.

"Sejauh ini kebijakan terkait mudik Lebaran masih dalam pembahasan kementerian dan lembaga terkait," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di graha BNPB, Jakarta, Selasa (17/3).

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Kementerian Perhubungan tidak melarang mudik pada Lebaran 2021.Namun Kemenhub sedang melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga serta Satgas Covid-19 mengenai mekanisme mudik.

Sumber : antara