Ahad 14 Mar 2021 08:41 WIB

Peneliti: Stunting Anak tak Hanya Sekadar Masalah Nutrisi

Stunting di Indonesia merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi prioritas.

Prof Dr dr Aman B Pulungan SpA(K) FAAP FRCPI (Hon.) Guru Besar ke-16 Ilmu Kesehatan Anak FKUI
Foto:

Di mencontohkan studi tentang pertumbuhan anak balita Korea Utara dan Korea Selatan pada 2009 menunjukkan bahwa anak balita di Korea Selatan lebih tinggi 6-7 cm dibandingkan Korea Utara. Populasi Jerman Timur juga lebih pendek jika dibandingkan populasi Jerman Barat sebelum Tembok Berlin diruntuhkan. 

"Faktor genetik juga diprediksi menjadi salah satu yang memengaruhi tinggi badan," katanya.

Melalui penelitian disertasi yang dilakukan oleh Prof Pulungan di Rampasasa, Flores menjelaskan, populasi yang lebih pendek dari rerata nasional. "Lelaki dewasa pada kelompok pigmoid Rampasasa mempunyai tinggi badan di bawah 150 cm, sedangkan tinggi badan perempuan dewasa di bawah 140 cm," ungkapnya. 

Penelitian ini menunjukkan bahwa populasi pigmoid tidak mengalami malnutrisi sehingga perawakan pendek mereka tidak termasuk stunting. Penggunaan kurva pertumbuhan yang tidak tepat dapat menyebabkan overdiagnosis stunting dan underweight, terutama pada populasi Asia, yang secara umum dianggap lebih pendek dan lebih rendah berat badannya dibandingkan populasi di Eropa dan Amerika. 

"Tingginya angka stunting di Indonesia dan perhatian pemerintah serta alokasi dana yang tinggi, menunjukkan pentingnya akurasi dalam pengukuran pertumbuhan anak,” ujar Pulungan. 

Berdasarkan berbagai penelitian, kata dia, dalam mengatasi stunting dan meningkatkan kesehatan anak Indonesia, perlu melihat faktor sosial, ekonomi, politik, dan emosional. Pencegahan dan deteksi dini sangat penting dalam manajemen gangguan pertumbuhan seperti stunting sehingga sistem yang sudah berjalan di Indonesia berpotensi untuk ditingkatkan, misalnya penggunaan buku KIA dan pemanfaatan Posyandu.

 

Dikatakannya, dalam mendukung perkembangan digitalisasi dan mempermudah akses layanan kesehatan di daerah rural Indonesia, kehadiran smartphone dapat dimanfaatkan untuk kesehatan anak, misalnya penggunaan aplikasi seperti PrimaKu. "Aplikasi pemantauan pertumbuhan anak ini dapat membantu orangtua dalam upaya deteksi dini jika anaknya mengalami gangguan pertumbuhan," ujar Prof Pulungan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement