Jumat 12 Mar 2021 15:35 WIB

Status IAIN Tulungagung Jadi UIN Tunggu Penetapan Presiden

Status IAIN Tulungagung menjadi UIN Sayyid Ali Rahmatullah akan segera terealisasi.

Perpustakaan IAIN Tulungagung.
Foto:

Sesuai pengajuan dalam proposal alih status dari IAIN ke UIN, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung akan berganti nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah.

Nama tersebut diambil dari nama asli Sunan Ampel. Ia merupakan salah satu sunan dari sembilan wali (walisongo) yang membawa dan menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Sayyid ali Rahmatulah tinggal dan mengajarkan Islam di wilayah Muara Sungai Brantas, ampel Denta, yang saat ini terletak di Surabaya.

Pemilihan nama UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung atau yang nantinya bisa disingkat menjadi UIN Satu disebut sebagai upaya menjaga ingatan kolektif tentang akar dan sejarah institusi UIN Satu.

UIN Satu bermula dari Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel. Ia kemudian bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung. Kemudian bertransformasi lagi menjadi IAIN Tulungagung pada 2014.

IAIN Tulungagung saat ini memiliki sekitar 22 ribu mahasiswa yang tersebar di 48 program studi (prodi), mulai jenjang S-1, S-2, hingga S-3. Selain empat fakultas yang sudah ada untuk jenjang S-1, UIN Satu dipersiapkan untuk menambah tiga fakultas baru.

Fakultas Ushuludin yang sudah ada rencananya dipecah menjadi dua. Yakni menjadi Fakultas Humaniora dan Fakultas Ilmu Sosial. Penambahan lain adalah Fakultas Kedokteran dan Fakultas Science Teknologi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement