Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

AS Pertimbangkan Penarikan Semua Pasukan dari Afghanistan

Senin 08 Mar 2021 16:02 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

Pasukan tentara Amerika Serikat

Pasukan tentara Amerika Serikat

Foto: Youtube
AS belum menyelesaikan peninjauan proses perdamaian

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) mempertimbangkan untuk menarik pasukannya secara penuh dari Afghanistan pada 1 Mei. Pemerintah AS belum membuat keputusan terkait komitmen mereka setelah seluruh pasukannya ditarik dari Kabul. 

Negosiasi perdamaian antara pemerintah Afghanistan dan Taliban di Doha telah terhenti karena pemerintahan Presiden AS Joe Biden meninjau bagaimana menangani proses perdamaian, termasuk penarikan pasukan. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam surat yang dikirim kepada Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan bahwa Washington belum menyelesaikan peninjauan tersebut.

"Kami sedang mempertimbangkan penarikan penuh pasukan kami pada 1 Mei, karena kami mempertimbangkan opsi lain," kata Blinken.

Baca Juga

Blinken mengaku khawatir setelah pasukan AS ditarik secara penuh, situasi keamanan di Afghanistan akan memburuk. Selain itu Taliban dapat memperoleh keuntungan teritorial dengan cepat. 

"Saya berharap Ghani memahami urgensi nada bicara saya," ujar Blinken. 

Kekerasan di Afghanistan meningkat baru-baru ini karena pembicaraan damai antara Taliban dan pemerintah tidak menghasilkan kemajuan. Kedua belah pihak mengatakan, mereka sedang mempersiapkan serangan yang "berat".

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA