Legislator Minta Pemerintah Evaluasi Penanganan Pandemi

Selama ini penanganan pandemi masih melibatkan banyak lembaga, harusnya satu pintu

Ahad , 07 Mar 2021, 05:45 WIB
Ilustrasi Covid-19.  Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati menyarankan agar pemerintah segera melakukan evaluasi kebijakan penanganan pandemi Covid-19.

Sayangnya, sambung dia, kebijakan yang diterapkan itu belum mampu menekan angka penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. Dia melanjutkan, pemerintah juga masih kedodoran terkait penerapan 3T (testing, tracing, treatment) yang masih belum mencapai target yang ditentukan WHO.

"Kami pernah mengusulkan agar memaksimalkan alat yang ada, seperti GeNose dan karya anak bangsa lain untuk percepat testing, karena kalau mengandalkan PCR butuh waktu lama," katanya.

Dia meneruskan, hal lain yang juga perlu dievaluasi adalah sosialisasi dan penerapan 3M yang sudah berubah menjadi 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Semakin ke sini semakin kendor, karena kita paham masyarakat mulai bosan dan puncaknya lelah dengan kebijakan pemerintah yang berubah-ubah. Ini harus dievaluasi," katanya.