Selasa 02 Mar 2021 19:30 WIB

Unpad Mulai Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 Rekombinan

Sebanyak 300 dari 2.000 orang sudah mendaftarkan menjadi relaan vaksin.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Efikasi vaksin Covid-19. Ilustrasi
Foto:

Ia mengatakan, para relawan akan mendapatkan asuransi dan kesehatan relawan terus dipantau selama masa uji klinis. Selain itu, para relawan diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Presiden Direktur PT Jakarta Biopharmaticeutical Industry (JBio) Mahendra Suhardono mengaku optimis target relawan akan terpenuhi ditengah gerakan pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk divaksin Covid-19. Sebab menurutnya vaksin yang ada saat ini relatif terbatas dan diperlukan lebih dari satu tahun untuk vaksinasi terhadap masyarakat Indonesia.

Ia pun mengklaim, tiga kali suntikan vaksin Anhui akan memberikan perlindungan lebih baik. "Kita tidak tahu pandemi akan selesai kapan, tapi kami yakin uji klinis fase III ini akan bermanfaat bagi pemerintah," ungkapnya.

Ia berharap uji klinis berjalan lancar dan sukses serta ditargetkan pada bulan September 2021 mendapat Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM dan Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Uji klinis fase III vaksin rekombinan sudah dilakukan di Ekuador, China, Pakistan dan Uzbekistan. Di Indonesia terdapat enam rumah sakit yang menjadi tempat penelitian yang berada di Bandung dan Jakarta. Keenam rumah sakit itu yaitu RSHS, RS Immanuel, RS Unggul Karsa Medika, RSIA Limijati, RS Advent dan RS Al-Ihsan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement