Kamis 25 Feb 2021 10:16 WIB

Tips Memilih Payung Terbaik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli payung.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli payung.
Foto: PixaHive
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli payung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada musim hujan seperti saat ini, payung menjadi kebutuhan yang paling dicari. Sesuai fungsinya, payung dapat melindungi kita dari hujan agar kita tak kehujanan yang bisa menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit jika dalam keadaan yang tidak fit.

Oleh karenanya, payung menjadi barang yang wajib ada di rumah dan juga kendaraan kita, atau bahkan di tas kecil kita sesuai dengan kebutuhan dan selera kita. Lalu, bagaimana sebenarnya cara memilih payung yang terbaik untuk kita?

Baca Juga

Dikutip dari laman instagram jenama toko payung asal Jakarta, Istana Payung, Kamis (25/2), setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan membeli payung yang terbaik. Cara yang pertama adalah memperhatikan rangka payung. Jika ingin memiliki payung yang berkualitas, kita harus memastikan rangka gagang payung yang dibeli adalah tersusun ke atas atau rangka balik.

“Jika susunan rangka semakin ke atas semakin kecil, itu menandakan payung tersebut memiliki rangka biasa. Model rangka seperti ini kurang kuat dan gampang patah jika terkena angin,” tulis laman tersebut.

Sebaliknya, jika susunan rangka semakin ke atas semakin besar, maka payung tersebut memiliki rangka kualitas bagus dan kuat. Sehingga, jika ingin memiliki payung yang lebih awet, maka kita bisa memilih payung yang memiliki rangka demikian.

Kedua, kita perlu memperhatikan bahan kain payung. Meskipun bahan kain payung tebal, namun belum tentu membuat payung memiliki kualitas yang baik.

Bahan kain payung yang tebal  biasanya lebih kaku, sehingga menyebabkan payung akan cepat sobek atau berongga jika sering dibuka-tutup. “Bahan kain yang bagus bukanlah yang tidak terlalu tebal atau tipis, melainkan halus dan disarankan memiliki lapisan anti UV,” tulis laman itu.

Lalu, cara yang ketiga adalah memperhatikan gagang payung. Laman ini menyarankan untuk memilih payung yang memiliki gagang karet. Sebab, gagang karet memiliki sifat tak licin, sehingga akan memberikan kenyamanan saat menggenggam payung. Cara keempat adalah memperhatikan ukuran dan berat payung. Hal ini akan menentukan kepraktisan dari sebuah payung.

“Payung lipat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk orang-orang yang sering pergi dengan transportasi umum,” jelas laman itu.

Terakhir, hal yang perlu diperhatikan saat membeli payung adalah warna payung. Laman itu menyarankan, pemilihan warna payung sebaiknya sesuai dengan selera masing-masing. Hanya saja, jika payung digunakan untuk melindungi kita dari sinar matahari, maka penting bagi kita untuk tak menggunakan payung warna hitam yang bersifat menyerap panas matahari.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement