Selasa 16 Feb 2021 14:40 WIB

Volkswagen tak Khawatirkan Pasar Terusik dengan Mobil Apple

Kehadiran produk baru dari merek baru tak akan mampu mendominasi cepat.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Volkswagen.
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Volkswagen.

REPUBLIKA.CO.ID, WOLFSBURG -- Gurihnya potensi pasar mobil listrik membuat Apple tertarik untuk terjun dalam industri otomotif. Ototmatis, hal ini membuat peta kompetisi dalam pasar electric vehicle (EV) akan semakin sengit.

Dilansir dari Engadget pada Selasa (16/2), kehadiran Apple Car ini pun direspon oleh Volkswagen (VW). Pabrikan Jerman itu pun menekankan bahwa VW tidak takut pasarnya akan terpengaruh oleh kehadiran Apple.

Baca Juga

CEO Volkswagen Group, Herbert Diess mengatakan, industri otomotif adalah industri yang sangat menantang. Menurutnya, dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk dapat memberikan penetrasi pasar yang siginifikan.

"Kehadiran produk baru dari jenama baru dalam pasar otomotif tidak akan mampu mendominasi pasar dalam sekejap," kata Herbert Diess.

Namun, ia mengakui bahwa Apple memiliki segudang pengalaman dalam bidang pengembangan baterai, software dan desain.

Tak heran, Apple kemungkinan akan menghadirkan EV dengan  baterai yang mampu memberikan keunggulan dari sisi daya jelajah. Selain itu, Apple juga digadang-gadang akan menghadirkan mobil dengan sistem kemanan dan kendali otonom mutakhir.

Meski demikian, VW nampaknya tetap percaya diri karena pabrikan itu saat ini tengah menjadi salah satu pabrikan yang cukup mendominasi pasar EV secara global. Apalagi, VW juga telah ditunjang oleh sejumlah fasilitas produksi dan jaringan penjualan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement