Senin 08 Feb 2021 16:07 WIB

Mahasiswa ITS Buat Alat Pencegah Penyebaran Covid-19

Mahasiswa ITS buat Presenter alias presensi pintar untuk mencegah penyebaran covid-19

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Sekolah Tatap Muka (ilustrasi)
Foto:

Tidak hanya itu, Jailani menuturkan, alat ini juga dilengkapi dengan thermal detector yang berfungsi untuk mengetahui suhu tubuh seseorang. Terdapat juga hand sanitizer otomatis agar tangan tetap bersih dan higienis.

Sedang untuk mengetahui riwayat perjalanan seseorang, alat ini dilengkapi juga dengan Global Positioning System (GPS) tracking yang akan memonitoring lewat sistem yang didesain berbasis IoT (Internet of Things). “Harapannya sebelum masuk ke sekolah, sudah dijamin kesterilan seseorang lewat protokol kesehatan otomatis ini,” kata dia.

Jailani menyebutkan, alat ini memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya adalah dapat melakukan presensi tanpa kontak dan tanpa melepas masker, dapat mengukur suhu tubuh, terdapat automatic hand sanitizer, serta memiliki GPS tracking pada aplikasi.

Jailani berharap, ke depannya alat presensi pintar ini bisa terealisasi dan bisa berjalan secara efektif di sekolah-sekolah untuk digunakan pad era normal baru. “Sistem presensi ini juga mungkin bisa diterapkan di berbagai sektor seperti industri maupun perkantoran,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement