Rabu 03 Feb 2021 19:48 WIB

Hampir 135 Ribu Unit Mobil Tesla Ditarik

Ada laporan kegagalan fitur tampilan layar sentuh.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Hampir 135 Ribu Unit Mobil Tesla Ditarik. Sedan Tesla terparkir di diler Littleton, Colorado, AS
Foto:

NHTSA membuka penyelidikan pada Juni 2020 atas keluhan kegagalan unit kontrol media menyebabkan tampilan layar sentuh tidak berfungsi. Badan itu mengatakan pembuat mobil lain mengeluarkan banyak penarikan untuk masalah keamanan serupa yang berasal dari kegagalan layar sentuh.

Otoritas terkait juga mengatakan telah meninjau 12.523 klaim dan keluhan tentang masalah tersebut."Selama peninjauan data kami, Tesla memberikan konfirmasi bahwa semua unit pasti akan gagal mengingat kapasitas penyimpanan perangkat memori yang terbatas," kata keterangan NHTSA.

Banyak keluhan mengatakan, Tesla mengharuskan pemilik membayar untuk mengganti unit begitu garansi habis masa berlakunya. Tesla akan mengganti suku cadang yang rusak dan mengganti biaya pelanggan yang membayar untuk mengganti suku cadang bermasalah.

Tesla mengakui masalah tersebut tetapi mengatakan jika tampilan tidak berfungsi, pengemudi dapat melakukan pemeriksaan bahu dan menggunakan spion. "Jika layar tidak terlihat untuk mengontrol pengaturan kontrol iklim dan defroster, pengemudi akan dapat membersihkan kaca depan secara manual," kata Tesla dalam keterangannya.

 

Penarikan kembali akan dimulai 30 Maret. NHTSA meminta penarikan 158 ribu kendaraan tetapi Tesla mengatakan penarikan tersebut tidak termasuk beberapa kendaraan dengan prosesor yang ditingkatkan yang dibangun setelah Maret 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement