Kamis 21 Jan 2021 15:13 WIB

Bos Telkom: Momentum Tepat Bangun Sistem Satu Data Nasional

Sistem satu data akan memudahkan proses pengawasan pelaksanaan vaksinasi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Dirut Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.
Foto:

Menurutnya, perbaikan dalam sistem data sendiri akan sangat bermanfaat bagi Indonesia mengingat sistem ini bisa digunakan juga untuk program lainnya. "Momentum pandemi ini digunakan untuk membangun satu data nasional, ini bukan milik Telkom tapi milik negara," ungkap Ririek.

Kata Ririek, pengembangan sistem satu data nasional ini selaras dengan keinginan Presiden Jokowi yang menjadikan pengembangan satu data sebagai keharusan di era digital saat ini. Menurut Ririek, keberadaan sistem satu data akan sangat bermanfaat tak hanya bagi pemerintah, melainkan juga perusahaan BUMN, swasta, hingga masyarakat. 

"Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan adanya satu data yang akurat dan kredibel," lanjut Ririek.

Oleh karena itu, Ririek mengajak seluruh pihak, mulai dari instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk memperbaharui datanya agar akurasi sistem data bisa semakin optimal. Ririek mengatakan seluruh sektor saat ini memang harus mengarah pada transformasi digitalisasi. Telkom sendiri terus melakukan transformasi dan inovasi dengan memperkuat konektivitas dengan mengembangkan jaringan 5G yang ditargetkan terwujud pada tahun ini.

"Satu data bukan hanya untuk antisipasi covid, tapi jauh lebih besar karena kita yakin dengan adanya digitalisasi, negara kita punya kesempatan mendekati negara yang lebih maju. Ini harus segera lakukan," kata Ririek menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement