Senin 28 Dec 2020 07:14 WIB

Ekonomi Indonesia Diprediksi Kalahkan Korsel dan Brasil

Sebanyak 27 juta orang di bawah garis kemiskinan harus jadi perhatian pemerintah.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolandha
Warga bersiap menyeberang Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta, Kamis (17/12/2020). Konsultan ekonomi asal Inggris, Centre for Economic and Business Research (CEBR) memproyeksikan, Indonesia akan menjadi delapan ekonomi teratas di dunia pada 2035. Prediksi ini membaik dibandingkan perkiraan semula seiring dengan pelambatan pertumbuhan ekonomi di Eropa akibat pandemi Covid-19.
Foto:

CEBR mencatat, Indonesia telah menangani Covid-19 secara relatif efisien, meski tetap harus menghadapi sedikit penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun ini, sekitar 1,5 persen. Pada saat bersamaan, hilangnya pendapatan pajak dan pengeluaran terkait pandemi telah mendorong utang pemerintah naik yang diperkirakan mencapai 39 persen terhadap PDB atau 10 poin persentase lebih banyak dari yang diperkirakan pada tahun lalu.

CEBR juga memberikan catatan positif terhadap upaya pemerintah mengurangi kemiskinan di Indonesia. Tingkat kemiskinan ekstrem berkurang setengahnya sejak 2000. Tapi, 27 juta orang Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan yang harus menjadi  perhatian.

 

Selama lima tahun ke depan, tingkat pertumbuhan PDB tahunan akan meningkat menjadi rata-rata 5,4 persen dari 2021-2025. Hanya saja, antara 2025 dan 2035, CEBR memperkirakan bahwa tingkat rata-rata pertumbuhan PDB menurun sedikit menjadi 5,3 persen per tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement