Sabtu 26 Dec 2020 16:40 WIB

Alat Deteksi Covid-19 GeNose UGM Kantongi Izin Edar

Izin edar GeNose dari Kemenkes turun pada Kamis (24/12).

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andri Saubani
Petugas menunjukkan alat tes cepat COVID-19 melalui hembusan nafas yang diberi nama GeNose hasil inovasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta saat peluncuran dimulainya penelitian GeNose di RSUP Dr. Sardjito, Sleman, D.I Yogyakarta, Senin (26/10/2020). Saat ini UGM dan RSUP Dr. Sardjito melakukan kerja sama uji diagnosis GeNose yang diklaim memiliki tingkat akurasi sekitar 95 persen.
Foto:

Kuwat juga menegaskan setelah mendapatkan izin edar GeNose C19 akan segera diproduksi massal. Tim berharap bila ada 1.000 unit nantinya, maka akan mampu melakukan tes sebanyak 120 ribu orang sehari.

Tentunya, lanjut dia, bukan angka tersebut yang menjadi harapan utama. Namun, kemampuan melakukan tes diharapkan akan lebih mudah menemukan orang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala dan bisa segera diambil tindakan isolasi atau perawatan.

Ia menjelaskan, nantinya biaya tes dengan GeNose C19 cukup murah hanya sekitar Rp 15 hingga Rp 25 ribu. Hasil tes juga sangat cepat yakni sekitar 2 menit serta tidak memerlukan reagen atau bahan kimia lainnya. Selain itu, pengambilan sampel tes berupa hembusan nafas juga dirasakan lebih nyaman dibanding usap atau swab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement