Kamis 17 Dec 2020 14:01 WIB

Barisan Mobil Paling Laris di Indonesia Tahun Ini

Avanza masih menjadi mobil paling laris.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang jurnalis memotret dapur pacu Toyota New Avanza yang dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1).
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Seorang jurnalis memotret dapur pacu Toyota New Avanza yang dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tahun 2020 segera berakhir. Pada masa ini menjadi salah satu tahun yang paling berat bagi industri otomotif. Pandemi telah membuat penjualan terpukul, proses produksi sempat terhenti, dan sejumlah rencana strategis harus mengalami reschedule.

Baca Juga

Sejumlah pabrikan pun secara konsisten melakukan upaya-upaya adaptif demi dapat memberikan kemudahan bagi konsumen akan kendaraan.

Kondisi ini juga membuat PT ToyotaAstra Motor (TAM) berada pada puncak peringkat penjualan berdasar hasil rekapitulasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan Toyota secara konsisten melakukan strategi produk dan penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Toyota Avanza masih terus menjadi produk terlaris kami sepanjang tahun ini," kata Anton kepada Republika.co.id, Rabu (16/12).

Avanza memang dihadirkan sebagai produk yang mampu mengakomodasi segala macam kebutuhan. Apalagi, produk yang ditawarkan mulai dari Rp 197 juta ini telah mengalami sejumlah improvement yang signifikan.

Setelah Toyota, peringkat penjualan tertinggi diikuti oleh Daihatsu. Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Ope ration (AIDSO), Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, sejumlah line up Daihatsu yang jadi produk terlaris tahun ini adalah Sigra dan GranMax.

"Kedua mobil ini sangat diminati, karena memiliki keunggulan dari segi fungsi dan efisiensi bahan bakar," katanya.

Daihatsu Sigra ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 119 juta. Soal mesin, mobil ini hadir dengan opsi mesin 1 liter tiga silinder dan mesin 1,2 liter empat silinder. Khusus untuk varian 1,2 liter, mesin yang digunakan juga telah menerapkan teknologi dual VVT-i.

Selanjutnya, posisi ketiga saat ini ditem pati oleh Honda. Business Innovation and Sales & Marketing Di rector PT Honda Pros pect Motor (HPM) , Yusak Billy, menga ta kan, penjualan Honda ditopang oleh se jumlah produk andalan, seperti Brio Satya, Brio RS, dan Hon da HR-V 1.5 L.

"Setiap produk yang kami hadirkan selalu dilengkapi dengan pro ses studi yang mendalam, sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen. Ketiga produk terlaris ini pun membutkikan bahwa mobil yang kami tawarkan ini sangat diminati oleh pasar," kata Billy.

Suzuki pun memiliki jagoan terlaris tahun ini, yakni XL7 dan Ertiga. 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra. mengatakan, kedua produk itu saat ini menjadi penopang penjualan Suzuki untuk segmen mobil penumpang.

Hal itu pun membuat pabrikan berko mitmen untuk terus memperkuat segmen kendaraan pessengger. "Kedepannya, segmen kendaraan penumpang akan terus mengalami pertumbuhan. Oleh karen itu, kami juga akan terus melakukan terobosan baru di segmen ini," ujar Donny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement