Selasa 24 Jan 2023 16:44 WIB

Pimpin Pasar Otomotif Nasional, Toyota Kuasai 52 Persen Segmen MPV

Penjualan Toyota selama 2022 naik 21,1 persen.

Toyota menambah jajaran kendaraan hybrid dengan meluncurkan All New Innova Zenix.
Foto: dok. istimewa
Toyota menambah jajaran kendaraan hybrid dengan meluncurkan All New Innova Zenix.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Toyota berhasil membukukan penjualan 331.410 unit secara wholesales sepanjang 2022. Angka tersebut naik 12,1 persen dari penjualan 2021 yang sebesar 295 ribu unit ribu. 

Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan Toyota sukses memimpin pasar otomotif Indonesia dengan penguasaan pasar 31,6 persen.

Baca Juga

Toyota optimistis pertumbuhan ini dipengaruhi oleh kembali pulihnya perekonomian nasional dan adanya peningkatan daya beli masyarakat. “Apalagi selaras dengan perumbuhan market overall yang mulai strong recovery setelah dilanda pandemi Covid-19 dua tahun belakangan,’’ kata Henry dalam siaran persnya, Selasa (24/1/2023).

TAM, kata Henry, bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan selama 2022.  “ Kami berharap, tren ini akan terus berjalan ke arah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” ujar Henry.

Menurutnya pertumbuhan penjualan sangat didukung oleh penerimaan positif pelanggan terhadap deretan produk-produk Toyota. Secara komposisi, penjualan Toyota di tahun 2022 masih di dominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6 persen. Beberapa line up MPV dan SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova dan Kijang Innova Zenix, serta Rush masih menjadi pilihan utama solusi mobilitas masyarakat dan memimpin sebagai tiga mobil paling laku dari Toyota tahun ini. 

Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza pada  2022 berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar 40.777 unit. Apabila digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza & Veloz mencapai 92.641. Selain itu, mobil legendaris keluarga Indonesia, Kijang Innova yang baru saja upgrade generasi menjadi Kijang Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52 persen market MPV nasional.

Segmen kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara whole salestelah melebihi 4.463 unit. Naik sangat signifikan 130 persen dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit. Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan Battery EV pertama, Toyota bZ4X dan kendaraan Hybrid EV yang diproduksi lokal pertama Kijang Innova Zenix. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement