Selasa 15 Dec 2020 21:04 WIB

Itenas Bandung Peringati Dies Natalis Secara Virtual

Terdapat empat kegiatan yang menjadi rangkaian acara Dies Natalis Itenas ke 48,

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menginjak usia 48 tahun, Senin (14/12). Menurut Rektor Itenas, Meilinda Nurbanasari, karena masih masa pandemik covid-19 yang belum berakhir, acara seremonial dies natalis tahun ini dilakukan secara virtual.
Foto: istimewa
Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menginjak usia 48 tahun, Senin (14/12). Menurut Rektor Itenas, Meilinda Nurbanasari, karena masih masa pandemik covid-19 yang belum berakhir, acara seremonial dies natalis tahun ini dilakukan secara virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menginjak usia 48 tahun, Senin (14/12). Menurut Rektor Itenas, Meilinda Nurbanasari, karena masih masa pandemik covid-19 yang belum berakhir, acara seremonial dies natalis tahun ini dilakukan secara virtual.

Namun, kondisi tersebut tidak menyurutkan keluarga besar Itenas Bandung dalam menyambut dan menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk seremonial dies natalis.

Tema dies natalis Itenas Bandung ke-48 adalah “Competitive into the future”, yang mencerminkan semangat dan gerak Itenas yang semula tenang menjadi lebih cepat dan dinamis, serta meningkatkan sinergitas antar elemen di Itenas dalam menyikapi dinamika kebijakan dan persaingan yang semakin berat.

Terdapat empat kegiatan yang menjadi rangkaian acara Dies Natalis Itenas ke 48, yaitu 2nd International Conference on Green Technology and Design (ICGTD2020) dengan topik ‘A Smart Deliberation of Green Technology and Design Towards New Normal Mitigation’ yang sudah dilaksanakan secara virtual.

Selain itu, ada penganugerahan “LPPM awards 2020”; orasi Ilmiah dari Dr. Eng Didin Agustian Permadi, Dosen Tetap Program Studi Teknik Lingkungan. Serta, pembuatan Video Mapping Itenas 2020 yang merupakan hasil kolaborasi dengan alumni program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Itenas.

Meilinda mengatakan, ia mengajak seluruh keluarga besar Itenas untuk meneladani semangat para pendiri Itenas, serta istiqomah untuk terus berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam menghasilkan SDM yang unggul dan kreatif.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para dosen, para tenaga kependidikan dan non tenaga kependidikan, para mahasiswa dan alumni atas waktu, tenaga dan pikiran yang telah diberikan untuk memeriahkan kegiatan dies natalis ke-48 Itenas di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung,” paparnya.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi (YPDS), Dr. Iwan Inrawan Wiratmadja, menyampaikan harapannya kepada Itenas. “Dirgahayu Itenas, semoga Itenas mampu menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang dihadapi serta semakin maju dan berjaya,” katanya.

Beberapa rangkaian acara seremonial, antara lain adalah orasi ilmiah, testimoni dari keluarga dan civitas akademi Itenas, serta mitra Itenas, pemberian penghargaan kepada dosen tetap, dosen semester, tenaga kependidikan dan nonkependidikan dan penghargaan LPPM Awards 2020.

Akhir dari acara seremonial Dies Natalis ke-48 Itenas adalah prosesi syukuran pemotongan dan penyerahan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua YPDS kepada Rektor Itenas.

Masih dalam rangkaian Dies Natalis ke-48 Itenas, tepat pukul 19.30 WIB, Itenas mempersembahkan Video Mapping yang dilaksanakan di halaman Gedung Serba Guna (GSG) Balai Dayang Sumbi Itenas. Video mapping ini adalah hasil maha karya para alumni Desain Komunikasi Visual Itenas Bandung, dan diprakarsai oleh Eka Noviana, dosen tetap Prodi DKV.

Video mapping tersebut adalah sebuah pertunjukkan atraktif yang merupakan kolaborasi bidang teknik dan desain dengan mengandalkan teknik pencahayaan dan proyeksi pada objek sehingga secara visual objek akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Mengingat kondisi pandemi saat ini, persembahan video mapping hanya dapat disaksikan secara langsung di kediaman masing-masing melalui live streaming youtube Institut Teknologi Nasional Bandung - Official atau live Instagram @itenas.official. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement