Senin 07 Dec 2020 23:14 WIB

Khofifah Ajak Pegiat Medsos Promosikan Potensi Lokal Jatim

Salah satu potensi yang layak dipromosikan adalah KEK Singhasari.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak pegiat media sosial (Medsos) berperan aktif memperkenalkan potensi pariwisata, budaya, dan kuliner Jatim. Menurut Khofifah, di era digital seperti saat ini, peran influencer sangat signifikan dalam mendongkrak pamor daerah.  

“Mereka mengemas konten dengan cara yang unik dan mudah diterima oleh publik. Bahkan ada spot yang tadinya tidak diketahui banyak orang, mendadak menjadi ramai dikunjungi banyak orang karena terekspos dengan menarik di media sosial. Contohnya di Ranu Manduro, Mojokerto,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (7/12).

Baca Juga

Khofifah menyebut, di era digital ekonomi seperti sekarang ini promosi potensi daerah tidak cukup hanya dilakukan melalui media konvensional yang sifatnya satu arah. Maka dari itu, Pemprov Jatim berupaya menggandeng para pegiat media sosial untuk turut serta mempromosikan potensi wilayahnya.

Khofifah mengatakan, untuk lebih memperkuat kolaborasi antara pegiat media sosial di seluruh kabupaten/ kota di Jatim, setiap tahun Pemprov Jatim menggelar East Java Social Network (EJSN) Meet Up. Acara tersebut mempertemukan ratusan pegiat media sosial multi platform se-Jatim dengan turut menghadirkan sejumlah pembicara dan praktisi media sosial nasional.

"Harapannya, kualitas dan kuantitas konten yang dihasilkan para pegiat media sosial di Jatim dapat semakin terus meningkat," ujar Khofifah.

Salah satu potensi daerah yang menurutnya layak dipromosikan adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari. KEK Singhasari ini diproyeksikan mampu mendongkrak perekonomian dan industri kreatif wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya, khususnya di sektor pariwisata, industri, hunian, dan bisnis.

KEK, lanjut Khofifah, merupakan langkah terobosan pemerintah dalam mendongkrak kunjungan pariwisata ke Indonesia dengan menciptakan destinasi baru. Ada 10 wilayah yang dipilih atau disebut 10 Bali baru. Salah satunya adalah Bromo Tengger Semeru (BTS) yang lokasinya berdekatan dengan KEK Singhasari.

“Saya yakin dengan support dari para pegiat medsos, KEK Singhasari ini akan jauh dapat lebih berkembang dan membawa dampak signifikan bagi daerah disekitarnya,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement