Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Giroud Bawa The Blues ke Babak 16 Besar Liga Champions

Rabu 25 Nov 2020 03:04 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pemain Chelsea Callum Hudson Odoi berebut bola dengan pemain Rennes Adrien Truffert di ajang Liga Champions

Pemain Chelsea Callum Hudson Odoi berebut bola dengan pemain Rennes Adrien Truffert di ajang Liga Champions

Foto: EPA-EFE/Eddy Lemaistre
Gol kemenangan The Blues dicetak Giroud pada injury time melawan Rennes

REPUBLIKA.CO.ID, RENNES -- Chelsea memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champion usai memetik kemenangan 2-1 atas Rennes di laga keenam pada putaran keempat penyisihan Grup E Liga Champions, Rabu (25/11) dini hari WIB. Gol kemenangan The Blues dicetak oleh striker asal Prancis, Olivier Giroud, pada menit pertama masa injury time babak kedua dalam laga yang digelar di Stadion Roazhon Park tersebut.

Dengan tambahan tiga angka di laga ini, Chelsea memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions. Torehan tiga kemenangan dengan satu hasil imbang dari empat laga membawa The Blues mengoleksi 10 poin. Koleksi poin The Blues ini sudah tidak bisa lagi dikejar oleh Krasnodar dan Rennes di dua laga pamungkas penyisihan Grup E.

Dalam lawatan ke markas Rennes ini, Thiago Silva kembali dipercaya berduet dengan Kurt Zouma di jantung pertahanan. Sementara Cesar Azpilicueta juga ditunjuk sebagai starter, menggantikan Reece James, di posisi bek kanan. Selain itu, Jorginho dan Callum Hudson-Odoi menggantikan N'Golo Kante dan Hakim Ziyech di posisi gelandang bertahan dan sayap kiri.

Baca Juga

Sementara dari kubu tim tuan rumah, pelatih Julien Stephan juga melakukan sejumlah perombakan di //starting line-up// Rennes. Terlebih, di laga terakhir, Rennes dibekap Bordeaux, 0-1, di lanjutan Ligue 1, akhir pekan lalu. Mantan gelandang Sevilla dan AS Roma, Steven Nzonzi, kembali menempati satu tempat di lini tengah. Selain itu, ada pula Hamari Traore dan Gerzino Nyamsi dipercaya tampil di lini belakang.

Laga belum genap berjalan 10 menit, Chelsea sudah mencatatkan peluang emas. Sayangnya, Timo Werner gagal menyambut umpan tarik yang dilepaskan Callum Hudson-Odoi dari sisi kiri pertahanan Rennes. The Blues akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit ke-21 lewat skema serangan balik cepat. 

Adalah Hudson-Odoi yang menjadi aktor utama dalam gol pembuka The Blues di laga ini. Setelah menerima umpan terobosan dari Mount, Hudson-Odoi langsung merangsek dan kemudian melepaskan tendangan keras tanpa bisa dihalau kiper Rennes, Alfred Gomis. 

Di sisi laga babak pertama, tim tuan rumah berupaya untuk membalas. Namun, solidnya pertahanan The Blues, yang dikawal Thiago Silva, masih mampu meredam berbagai peluang yang didapatkan Rennes. Akhirnya, hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan The Blues tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Rennes masih berusaha membongkar pertahanan The Blues. Secara perlahan, tim tuan rumah pun mampu menebar ancaman dan keluar dari tekanan Chelsea. Total, 10 tembakan dilepaskan tim besutan Julien Stephan itu hingga pertengahan babak kedua. Tidak hanya itu, Les Rennais juga sempat mengendalikan permainan dengan mencatatkan penguasaan bola hingga mencapai 59 persen.

Pada menit ke-75, Rennes mendapatkan peluang emas lewat tandukan keras Gerzino Nyamsi usai memanfaatkan sepak pojok. Namun, peluang itu masih bsia digagalkan oleh kiper Chelsea, Edouard Mendy. Mantan penjaga gawang Rennes itu berhasil menghalau bola bola hasil sundulan Nyamsi. Meski sempat terlepas dari genggaman, tapi Mendy masih mampu menguasai bola. 

Upaya Rennes untuk bisa mencetak gol akhirnya berbuah maksimal pada menit ke-85. Serhou Guirassy sukses menanduk bola hasil sepak pojok, yang dieksekusi Benjamin Bourigeaud. Tanpa mendapatkan pengawalan berarti, Guirassy mampu menyambut bola tepat di depan mulut gawang The Blues. Bola pun meluncur deras tanpa bisa dihalau Mendy. Ini menjadi gol pertama yang bersarang di gawang The Blues di pentas Liga Champions musim ini.

Kendati begitu, Chelsea layak berterima kasih kepada Olivier Giroud. Masuk menggantikan Tammy Abraham pada menit ke-69, Giroud sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-91. Berawal dari kegagalan Timo Werner memanfaatkan umpah terobosan Hakim Ziyech, Giroud bisa menyundul bola hasil halauan kiper Rennes terhadap sepakan Werner.

Susunan Pemain: 

Rennes (4-3-3)

Pelatih: Julien Stephan

Kiper: Gomis

Belakang: Traore, Da Silva, Nyamsi, Truffert, 

Tengah: Camavinga, Nzonzi, Bourigeaud, 

Depan: Doku, Guirassy, Lea Siliki

Chelsea (4-3-3)

Pelatih: Frank Lampard

Kiper: Mendy

Belakang: Azpilicueta, Zouma, Thiago Silva, Chilwell, 

Tengah: Kovacic, Jorginho, Mount, 

Depan: Hudson-Odoi, Abraham, Werner.

n reja irfa widodo

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA