Jumat 20 Nov 2020 20:45 WIB

Menlu China Kunjungi Korsel, Bahas Korut Hingga Covid-19

Menlu China akan berkunjung tiga hari di Korsel

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Menlu China, Wang Yi.
Foto: IST
Menlu China, Wang Yi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, akan mengunjungi Seoul, Korea Selatan, pada pekan depan. Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyatakan, kehadiran pejabat tinggi Beijing itu untuk bertemu dengan para pejabat Seoul di tengah upaya untuk melanjutkan diplomasi pertemuan bilateral, Jumat (20/11).

Wang akan tiba di Korea Selatan pada Rabu (25/11) untuk tinggal selama tiga hari. Dia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha, untuk pertemuan bilateral tingkat tinggi.

Baca Juga

Mereka berdua direncanakan membahas masalah-masalah regional termasuk Korea Utara dan wabah Covid-19. Salah satu masalah Korea Utara yang akan disinggung adalah menghentikan pembicaraan nuklir.

Perjalanan Wang akan dilakukan saat kedua negara mengeksplorasi potensi kunjungan ke Seoul oleh Presiden China, Xi Jinping. Xi diharapkan akan berkunjung awal tahun ini, tetapi ditunda karena pandemi menghapus sebagian besar kalender diplomatik global.

Menteri Luar Negeri China adalah diplomat senior kedua yang melakukan perjalanan ke Korea Selatan sejak virus corona muncul di China akhir tahun lalu. Sebelumnya, anggota Politbiro Partai Komunis, Yang Jiechi, telah mengunjungi kota pelabuhan selatan Busan pada Agustus lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement